Beranda Berita Perencanaan Pembangunan Desa Perlu Diimbangi dengan Wawasan yang Inovatif

Perencanaan Pembangunan Desa Perlu Diimbangi dengan Wawasan yang Inovatif

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk  mengefektifkan perencanaan pembangunan desa, maka para perencana desa perlu mengembangkan wawasan yang inovatif. Kegiatan ini masuk ke dalam Bursa Inovasi Desa 2019. Peserta BID ini Kades, BPD, Perwakilan Perempuan seluruh Kecamatan Martapura, Kecamatan Bunga Mayang, Kecamatan BP Peliung, Kecamatan Jayapura. Kegiatan ini dilakukan di aula kantor Kecamatan Martapura, Selasa (2/7/2019).

Menurut Dedy Dharma Riza selaku Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA P3MD), tidak lama lagi pemerintah desa akan segera melaksanakan kegiatan perencanaan dan penganggaran guna merumuskan program atau kegiatan prioritas tahun anggaran 2020. Selain itu juga, untuk mengefektifkan perencanaan pembangunan desa, maka para perencanaan desa perlu mengembangkan wawasan yang inovatif. Salah satu caranya yaitu dengan belajar dari cerita sukses dan inovatif dari desa lainnya.

“Kementrian desa PDTT masih melaksanakan Program Inovasi Desa (PID). Dimana melalui program ini Kemendesa PDTT telah mendokumentasikan pengalaman inovasi desa. Selanjutnya mendiseminasikannya melalui kegiatan Bursa Inovasi Desa. Sehingga pertukaran pengetahuan antar desa satu sama lain dapat berjalan maka menghasilkan sistem perencanaan pembangunan yang efektif karena memiliki daya inovatif sebagaimana yang kita harapkan,” katanya.

Pada tahun 2019 ini, lanjut kata dia, pelaksanaan BID dilakukan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa masing-masing kecamatan. Pelaksanaan di bagi menjadi Lima zona yang masing-masing terdiri dari kumpulan beberapa kecamatan. “Kegiatan BID dilakukan oleh tim pelaksana inovasi desa di masing-masing kecamatan,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.