Beranda Berita Rapat Paripurna LKPJ, Pemkab OKUT Terima 12 Usulan

Rapat Paripurna LKPJ, Pemkab OKUT Terima 12 Usulan

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur mendapat banyak rekomendasi 12 usulan dari pihak legislatif. Rekomendasi tersebut disampaikan saat Rapat Paripurna DPRD OKU Timur dengan agenda membahas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD OKU Timur Tahun Anggaran 2018. Rapat ini dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten OKU Timur, Rabu (3/7/2019).

Menurut Ketua Pansus DPRD OKU Timur Sugeng Carvindo, melalui pembahasan bersama masing-masing mitra kerja, Pansus merekomendasikan 12 usulan dan saran. Rekomendasi tersebut meliputi bidang pemerintahan, perencanaan pembangunan, kepariwisataan, pendidikan, pertanian dan peternakan.

“Diharapkan pemerintah daerah senantiasa memperhatikan jadwal penyampaian pembahasan Raperda ke DPRD, baik RAPBD induk, RAPBD Perubahan maupun Raperda Pertanggungjawaban. Untuk lebih mengoptimalkan fungsi perencanaan pembangunan, maka Bappeda sebagai leading sektor pembangunan hendaknya lebih proaktif melakukan koordinasi perencanaan bersama organisasi perangkat daerah secara internal pemerintah,” ujarnya.

Kemudian untuk kepariwisataan, hendaknya memanfaatkan tempat-tempat yang ada di OKU Timur yang berpotensi untuk menjadi tempat wisata seperti bendung Perjaya, Mencar, Bumi Perkemahan dan lainnya. “Sementara untuk pertanian, masalah-masalah yang timbul seperti padi amblas, hama penyakit hendaknya petugas penyuluh lapangan selalu aktif dan memberikan sosialisasi. Begitu juga terhadap lampu jalan banyak yang mati, harus menjadi perhatian dari Dinas Perhubungan karena kasihan masyarakat sudah membayar tapi lampunya mati,” tegas Sugeng.

Disamping itu, akibat keterbatasan jumlah pendapatan serta beban kerja yang terus dituntut masyarakat, maka skala prioritas anggaran harus diutamakan serta pengawasan yang baik harus dilakukan sehingga dapat untuk dipertanggungjawabkan baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Selanjutnya kepada OPD Kabupaten OKU Timur, diharapkan kedepannya agar dapat bekerja serta membuat program-program yang lebih baik lagi. Lalu peran serta pemerintah untuk dapat dapat memantau dan menekan laju inflasi serta angka kemiskinan setiap tahunnya,” ucap politisi dari PDI Perjuangan.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten OKU TIMUR Tahun Anggaran 2018, yang telah disetujui bersama antara Kepala Daerah dengan DPRD Kabupaten OKU TIMUR merupakan bukti bahwa antara eksekutif dan legislatif bukan hanya mitra kerja, tetapi lebih dari itu merupakan bagian dari unsur penyelenggara pemerintahan di daerah yang mempunyai peran sejajar dalam membangun masyarakat Kabupaten OKU Timur.

“Untuk itu pula, dengan segala kebijakan dan kearifan dari anggota Dewan yang terhormat yang telah memberikan persetujuan atas Keputusan Bersama Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD l’ahun Anggaran 2018, Pemerintah Kabupaten OKU TiMUR sekali lagi memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota Dewan yang terhormat. Bahkan OKU Timur berhasil meraih dan mempertahankan predikat WTP ke 7 secara berturut-turut,” ungkap Kholid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.