Beranda OKU TIMUR Tanaman Jeruk Berpotensi Ditanam di Wilayah OKUT

Tanaman Jeruk Berpotensi Ditanam di Wilayah OKUT

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Bupati OKU Timur HM Kholid MD SSos Msi melakukan panen jeruk dengan varietas madu BW (Bumi Waras) yang dikembangkan oleh salah satu masyarakat. Panen dilakukan di kebun milik Dodi Purnama di Desa Bantan Kecamatan BP. Peliung, Rabu (3/7/2019).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD memberikan apresiasi kepada Dodi Purnama yang telah sukses menjadikan Desa Bantan ini sebagai sentra komoditi Jeruk. Perkebunan ini merupakan salah satu cara yang dapat meningkat perekonomian di desa. Maka dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mempromosikan buah jeruk ke daerah lain.

“Jeruk bukan buah asing, buah jeruk dibutuhkan dunia. Jadi mari kita promosikan buah jeruk ini ke daerah lain karena wilayah Kabupaten OKU Timur sangat potensial ditanam jeruk,” katanya saat dibincangi disela-sela panen.

Selain itu dirinya berharap supaya ke depan area perkebunan di wilayah kabupaten OKU Timur dapat berkembang dan hasil produksinya meningkat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian yang pada akhirnya kesejahteraan masyarakat desa dapat terwujud.

“Semoga ke depan perkebunan jeruk ini dapat bertambah luas dan produksinya meningkat, sehingga pada akhirnya kesejahteraan masyarakat desa ini dapat terwujud,” harap Kholid.

Sementara itu, Dodi Purnama pemilik kebun jeruk yang juga berstatus PNS di Pemda OKU Timur mengatakan, kebun jeruk seluas enam hektar yang dimilikinya, mulai ditanam sejak tahun 2014. Dalam satu tahun biasanya menghasilkan kurang lebih 100 ton dari 3000 batang. Untuk penjualan biasanya pedagang mengambil langsung di pondok dengan menggunakan motor yang memakai keruntung.

“Areal kebun Jeruk ini ditanam pada tahun 2014 seluas enam hektar dengan kapasitas 3000 batang. Dalam satu tahun biasanya menghasilkan lebih kurang 100 ton. Pohon jeruk ini memasuki panen yang ke dua dan dijual dengan harga 7000 per kg kepada para pedagang-pedagang lokal,” jelasnya.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, bibit jeruk jenis varietas madu BW (Bumi Waras) ini di peroleh dari Pekalongan, Lampung Timur. Jeruk jenis ini berbeda dengan jenis jeruk yang biasa serta terdapat perawatan khusus agar menghasilkan buah yang bagus. Selain itu tanaman harus cukup pupuk, kalau kurang pupuk buah akan mengalami pecah sebelum masak.

“Jenis jeruk ini memiliki buah lebih besar dan manis dari jenis jeruk yang biasa. Tanaman juga harus sering diberi pupuk agar buah tidak pecah sebelum masak. Serta rutin di semprot hama penghisap buah agar buah tumbuh secara maksimal,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.