Beranda OKU TIMUR Karena Masalah Administrasi, Satu Desa Tak Terima Penuh DD

Karena Masalah Administrasi, Satu Desa Tak Terima Penuh DD

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Dana Desa (DD) tahap 2 sebesar 40 persen dengan jumlah Rp 98.055.685.600,- untuk Kabupaten OKU Timur telah masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). DD tersebut telah disalurkan ke rekening desa masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten OKU Timur H Rusman mengatakan, dalam pencairan ini ada satu desa yang hanya menerima 35 juta, karena masih bermasalah di pelaporan yaitu desa Saung Dadi Kecamatan BP Peliung OKU Timur. Sementara desa lain sudah selesai dan menerima penuh dana desa tahap dua sebesar 40 persen, atau sekitar Rp 300-400 juta per desa.

“Sudah bisa dicairkan, soalnya uang sudah masuk ke RKUD masing-masing desa. Lalu Jumlah desa di OKU Timur sebanyak 305 desa definitif, setiap desa berbeda beda peneriman dana desanya, untuk penggunaan dana sesuai hasil musyawarah dan kebutuhan desa, sehingga penggunaannya tidak bisa disamakan dari setiap desa,” katanya.

Dikatakan Rusman, penggunaan dana desa tetap ada monitoring dan evaluasi dan sudah kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) untuk pencegahan agar penggunaan dana harus diseusuaikan kebutuhan. Jika kondisi infrastruktur desa sudah selesai bisa dialihkan untuk bidang ekonomi melalui BUMDes. Seperti pembangunan embung di Desa bisa dijadikan destinasi pariwisata air sehingga mendongkrak PAD desa dan dikelola oleh masyarakat desa setempat.

“Kami himbau kepada kades agar semua sesuai dengan aturan dan musyawarah desa, jangan sampai melangar ketentuan sebab resikonya sangat besar bisa berhadapan dengan pihak hukum,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.