Beranda Berita Bupati Imbau Masyarakat Untuk Antisipasi Musim Kemarau

Bupati Imbau Masyarakat Untuk Antisipasi Musim Kemarau

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi musim kemarau dan pengendalian Wereng Batang Coklat (WBC). Himbauan ini tertera dalam Surat Edaran (SE) yang ditujukan ke Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Koordinator BPP dan Penyuluh Pertanian se OKU Timur, Ketua KTNA/P3A/GP3A/P3A.

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD, pada tahun 2019 yang cukup panjang diperkirakan 6 sampai 7 bulan, diharapkan kepada pertani tidak melaksanakan Indeks Pertanaman (IP) 300 padi di wilayah endemis WBC dan mengganti dengan tanaman palawija (jagung, kacang tanah dan kacang hijau) dan sayuran seperti cabe. Selanjutnya dia menjelaskan, sebagai cadangan pangan Kabupaten OKU Timur diperkirakan gabah atau beras naik pada bulan November 2019, maka diharapkan petani melakukan tunda jual gabah atau beras hasil panen.

“Berdasarkan uji laboratorium bahwa Iahan sawah di OKU Timur rata-rata dibawah pH 5 yang berakibat penanaman tidak sehat dan tidak memberikan dampak peningkatan produksl. untuk itu perlu upaya perbaikan Iahan melalui budidaya pertanian organik dan pemberian kapur pertanian,” katanya dalam surat edaran.

Sedangkan terkait antisipasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), Kholid juga menyampaikan petugas harus melakukan monitoring dan gerakan pengendalian OPT bersama-sama dengan petugas pertanian dan berkoordinasi dengan laboratorium dan Brigade proteksi tanaman Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten OKU Timur. Selain itu, untuk mensosialisasikan budidaya tanaman sehat ditingkat petani antara lain dengan cara pengolahan tanah sempurna, melaksanakan tanam serentak, pemberian kapur penanian untuk daerah-daerah yang pH tanahnya dibawah optimal.

“Lalu untuk penggunaan pupuk berimbang yang sesuai rekomendasi dan penggunaan pupuk organik, menerapkan sistem tanah jajar legowo dan penanaman Refugia sebagai sumber makanan bagi musuh alami yang akan memangsa OPT. Segera melakukan Eradikasi pertanaman yang telah mengalami puso akibat serangan penyakit kerdil rumput,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.