Beranda NASIONAL Cegah Terjadinya Investasi Bodong, OJK Gelar Sosialisasi

Cegah Terjadinya Investasi Bodong, OJK Gelar Sosialisasi

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) besama Muslimat Nahdlatul ‘Ulama (NU) menggelar sosialisasi waspada investasi bodong. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya investasi bodong diwilayah OKU Timur. Sosialisasi ini dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan halal bihalal akbar bersama muslmat NU yang dihadiri oleh Bertu Berlas, ST selaku anggota komisi XI DPR RI, Hj. Yuliani, Ketua PC muslimat NU OKU Timur dan Irhamsah perwakilan dari OJK pusat sekaligus pemateri. Kegiatan tersebut dilakukan di Kecamatan Belitang Madang Raya.

Irhamsah perwakilan OJK pusat mengatakan dirinya mengajak masyarakat di OKU Timur untuk jeli sebelum berinvestasi, karena biasanya investasi bodong lebih menggoda dari segi penerimaan bunga. Selain itu juga memberikan keuntungan yang besar dan tidak masuk akal.

“Hingga masyarakat tergoda investasi ilegal, untungnya besar, terkadang menggunakan tokoh masyarakat supaya calon investor percaya. Justru itu yang harus diwaspadai karena berpotensi ilegal,” ujarnya.

Sebelum berinvestasi, lanjut kata dia, masyarakat harus menerapkan prinsip legal dan logis. Legal artinya lembaga, produk dan agen penjual efek terdaftar di OJK. Logis artinya memberikan keuntungan dalam jangka waktu tertentu dan masuk akal. Karena menurutnya, penawaran investasi ilegal cukup marak saat ini karena adanya kemudahan membuat aplikasi dan mudahnya situs teknologi informasi dan masihnya banyaknya masyarakat tergiur dengan investasi yang memberikan imbalan bunga tinggi.

“Melihat data investasi elegal yang terus marak dan meningkat dari tahun-ketahun ini menunjukan bahwa dimasyarakat kita masih banyak praktek penawaran-penawaran yang menggiurkan karena bunga tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dampak masih maraknya investasi ilegal yang beroperasi di tengah-tengah masyarakat ini merugikan masyarakat. Oleh karena itu OJK terus mendorong proses penegakan hukum oleh Polri. OJK juga mengimbau kepada masyarakat, apabila menjadi korban penawaran investasi elegal, silahkan secepatnya lapor ke Kepolian supaya diproses hukum.

“Agar bisa membuat jera oleh para pelaku investasi ilegal dan bisa mengurangi praktek-praktek investasi bodong,” jelasnya.

Sementara Bertu Merlas ST selaku DPR RI komisi XI mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat OKU Timur karena pemilu yang lalu mampu mendapatkan suara 80 ribu. Kemudian dirinya juga akan selalu hadir ditengah masyarakat dengan membawa program-program yang sangat di butuhkan masyarakat

“Salah satunya dengan sosialisasi OJK, BI dan bantuan CRS dari lembaga-lembaga mitra di komisi XI DPR RI,” pungkasnya.

Sedangkan Khotimah salah satu peserta sosialisasi mengatakan, tentu sangat berterimakasih kepada pihak otoritas jasa keuangan atau OJK karena sudah mau turun langsung masyarakat, untuk memberikan pemahaman tentang investasi.

“Jadi OJK disini memberikan pemahaman agar masyarakat tidak asal melakukan investasi, dan tergiur dengan keuntungan yang besar. Namun harus dipahami terlebih dahulu,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.