Beranda OKU TIMUR EKONOMI Permudah Investor Lihat Potensi Unggulan, DPMPTSP Gelar Rakor Penyusunan Peta Potensi

Permudah Investor Lihat Potensi Unggulan, DPMPTSP Gelar Rakor Penyusunan Peta Potensi

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Untuk mengetahui potensi unggulan dan produk unggulan daerah sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluang investasi di Kabupaten OKU TIMUR, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpada Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Peta Potensi dan Peluang Investasi Daerah Kabupaten OKU Timur. Kegiatan tersebut dilakukan di aula Hotel Dewi II, Kota Baru, Kecamatan Martapura, Kamis (25/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpada Satu Pintu (DPMPTSP) Sonpiani SE,  Asisten II Ir M Husin dan diikuti peserta dari 20 Kecamatan dan OPD terkait.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sonpiani SE mengatakan, tujuan kegiatan rakor ini untuk memberikan kemudahaan bagi publik khususnya calon investor atau penanaman modal dalam menentukan pilihan dari berbagai alternatif peluang investasi yang ada di Kabupaten OKU Timur dengan berbagai keunggulannya. Serta untuk mengindentifikasikan potensi sektor komoditas unggulan dan memetakan seluruh permasalahan dan kebijakan penanaman modal.

“Rakor ini dilakukan untuk mempermudah para investor maupun penanaman modal dalam menentukan peluang unggulan berinvestasi. Selain itu juga, untuk memetakan seluruh permasalahan dan kebijakan penanaman modal,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini agar dapat memberikan informasi detail tentang potensi investasi daerah yang tepat dan terkini tentang peluang usaha, ketersediaan lahan, sarana dan prasarana penunjang dan potensi unggulan lainnya kepada calon investor baik lokal maupun asing. Memberikan daya dukung tumbuhnya minat investor untuk berinvestasi di Kabupaten OKU Timur. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi Pemkab OKU Timur, Dunia Usaha dan khususnya masyarakat di wilayah kabupaten OKU Timur. Sehingga dapat meningkatkan minat para investor untuk berinvestasi di Kabupaten OKU Timur,” harapnya.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Asisten II Ir M Husin dalam sambutannya mengatakan, investasi menjadi salah satu tumpuan perekonomian karena mempunyai peran diantaranya mendukung pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan, mengubah ekonomi yang berbasis konsumsi menjadi berbasis produksi, meningkatkan pendapatan nasional melalui pajak, mendorong pemerataan ekonomi, serta mendorong kemudahan berusaha. Karena itu peningkatan investasi perlu diupayakan semaksimaI mungkin.

“Untuk mendukung percepatan Investasi di daerah diperlukan perencanaan pengembangan penanaman modal dari segala sektor usaha, baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata perdagangan dan perindustrian. Perencanaan tersebut tentunya tidak terlepas dari peran pemerintah sehingga dapat menciptakan kesamaan Visi diantara instansi terkait dan stakeholders mengenai arah kebijakan strategi pengembangan iklim penanaman modal salah satunya dapat dllaksanakan dengan pemetaan potensi dan peluang investasi daerah,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya menyampaikan, bahwa pemetaan potensi dan peluang investasi daerah mempunyai manfaat yaitu sebagai pedoman untuk menentukan kebijakan dalam perencanaan tata ruang dan pembangunan sarana fisik juga untuk menciptakan efisiensi dan produktifitas sesuai dengan kemampuan serta kesesuaian daerah. Sehingga dapat mengetahui keunggulan komparatif suatu daerah dan nantinya dapat dimanfaatkan dalam perencanaan pembangunan daerah. menentukan strategi pembangunan daerah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berdaya saing tinggi. 

“Untuk itulah diharapkan nantinya dengan terlaksananya pemetaan potensi dan peluang investasi daerah kabupaten OKU Timur dapat menjadi sarana informasi bagi para investor dan para pelaku usaha untuk dapat menanamkan modal dan berinvestasi di OKU Timur,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.