Beranda Berita Kualitas Pangan yang Baik, Menunjang Peningkatan SDM

Kualitas Pangan yang Baik, Menunjang Peningkatan SDM

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan stunting dan pengolahan sumber daya manusia di kabupaten OKU Timur, Pemerintah Daerah (Pemda) OKU Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur mengadakan seminar keamanan dan mutu pangan. Sebanyak 110 Peserta yang hadir terdiri dari penyuluh pertanian, kepala UPTD Puskeswankandu Dinas Pertenakan, kepala Puskesmas, Bidan desa. Kegiatan ini dilaksanakan di aula BPSDMP Peracak, Senin (29/7/2019).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya mengatakan, pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat pada dasarnya sudah melalui mata rantai proses yang meliputi produksi, penyimpanan, pengangkutan, hingga tiba di tangan masyarakat. Maka pangan harus memenuhi persyaratan keamanan pangan agar pangan yang sudah beredar di masyarakat terhindar dari bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh pangan yang merusak kesehatan.

“Setiap orang yang terlibat dalam rantai pangan wajib mengendalikan risiko bahan pada pangan, baik yang berasal dari bahan, peralatan dan sarana produksi sehingga keamanan pangan dapat terjamin untuk produk yang akan diperdagangkan,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junaidi, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta para stakeholder terkait terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup beragam, bergizi, seimbang dan aman. Keamanan pangan merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan pencemaran biologis, pencemaran kimia dan benda lain yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

“Sedangkan ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan yang tercermin baik jumlahnya maupun mutunya. Tersedianya pangan yang cukup beragam, bergizi merupakan syarat utama dalam upaya mewujudkan SDM yang berkualitas,” ujarnya.

Kualitas SDM, lanjut kata dia, sangat ditentukan oleh kualitas pangan yang dikonsumsinya sehingga segala upaya harus dikerahkan secara optimal agar pangan yang aman dan bermutu serta bergizi tersedia secara memadai serta terjangkau oleh daya beli masyarakat.

“Untuk itu perlu diupayakan terwujudnya suatu sistem pangan yang mampu memberi perlindungan kepada masyarakat yang mengkonsumsi pangan. Sehingga pangan yang diedarkan atau diperdagangkan tidak merugikan serta aman bagi kesehatan,” lanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.