Beranda Berita Perlunya Deteksi Dini Kanker Serviks

Perlunya Deteksi Dini Kanker Serviks

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR -Upaya melakukan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur, bekerjasama dengan gabungan PKK Kabupaten OKU Timur melakukan pemeriksaan kepada puluhan wanita di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja OKU Timur. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 perempuan dengan rentang usia mulai 30 hingga 50 tahun yang sudah menikah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur H Zainal Abidin melalui Kabid P2P (Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit) Umaidah Kosim S.Si, Apt, saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, kegiatan pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka deteksi dini dan pencegahan kanker serviks di Kabupaten OKU Timur.

“Ini merupakan upaya penanggulangan promotif dan preventif. Upaya promotif kita lakukan penyuluhan dan upaya preventif melalui tes IVA (screening). Tujuannya untuk menurunkan angka kematian wanita akibat kanker rahim atau serviks,” ungkapnya.

Dijelaskan Umaidah, tes IVA (inspeksi visual asam asetat) adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama. Jika dibandingkan dengan pap smear, tes IVA cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium.

“Jadi, tes IVA menggunakan asam asetat atau asam cuka dengan kadar 3-5 persen, yang kemudian diusapkan pada leher rahim. Setelah itu, hasilnya akan langsung ketahuan, apakah Anda dicurigai memiliki kanker serviks atau tidak. Meskipun terdengar menyeramkan, sebenarnya pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja”, jelasnya.

Sementara Wakil Ketua I PKK Kabupaten OKU Timur Lilik Setio Rini Fery yang juga Ketua GOW OKU Timur mengatakan, kegiatan ini merupakan rutinitas program PKK, agar masyarakat paham dengan gejala kanker serviks dan harus pengobatan jika sudah terkena penyakit  tersebut. Maka menurut Lilik kegiatan ini sangat perlu dukungan dari semua kalangan agar tercipta masyarakat yang cerdas dan sehat, serta terhindar dari penyakit kanker serviks.

“Jadi memang kegiatan ini rutin dilakukan oleh TP PKK OKU Timur dalam mewujudkan kesehatan para ibu-ibu agar terhindar dari kanker serviks. Karena banyak masyarakatnya yang tidak paham dengan timbulnya penyakit tersebut, tau-tau sudah stadium 3,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.