Beranda OKU TIMUR EKONOMI Penjualan Hewan Kurban Menurun Hingga 40 Persen

Penjualan Hewan Kurban Menurun Hingga 40 Persen

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Menjelang peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H, penjualan hewan kurban mengalami penurunan dari tahun lalu. Penurunan ini diakui pedagang hewan yang berada di Martapura. Bahkan diakui pedagang, penurunan penjualan mencapai hingga 40 persen.

Menurut Agus Nugroho (35) salah satu peternak sekaligus pedagang hewan kurban di Martapura, tahun lalu pada periode yang sama menjelang Idul Adha, penjualan hewan kurban berupa sapi sudah terjual sekitar 50 ekor sapi. Namun pada tahun ini, baru terjual sekitar 30 ekor. Terkait penurunan karena dipengaruhi kenaikan harga, Agus menyangkal akan hal tersebut. Bahkan ditegaskannya, tidak ada kenaikan harga secara signifikan menjelang momen hari raya Idul Adha ini.

“Untuk penjualan kambing juga penurunannya sama, berkisar di angka 40 persen. Kalau tahun lalu sudah terjual sekitar 30 ekor, tahun ini baru sekitar 20 ekor. Adapun jenis hewan kurban yang saya jual yaitu sapi Bali dan kambing Jawa. Tidak ada kenaikan harga. Kalaupun ada perubahan harga, itupun tidak banyak. Paling berkisar diangka 500 ribu. Itu disesuaikan dengan harga pasar saat ini. Kambing mulai Rp2 hingga Rp3,5 juta dan sapi mulai Rp14 hingga Rp18,5 juta, tergantung ukuran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno MSi menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan penjualan hewan kurban. Pemantauan dilakukan meliputi kecukupan umur, tidak adanya cacat pada hewan kurban serta bebas dari penyakit.

“Pemantauan akan dilakukan mulai tangga 1 hingga 12 Agustus mendatang. Jika ada hewan kurban yang tidak memenuhi syarat untuk dijual, petugas kita langsung meminta pedagang untuk tidak menjual dan segera menyingkirkannya. Sejauh ini belum ditemukan ada hewan kurban yang mengalami penyakit,” ujar Tubagus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.