Beranda OKU TIMUR Petani Mulai Selingi Padi dengan Tanam Palawija

Petani Mulai Selingi Padi dengan Tanam Palawija

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Para petani di Desa Bandar Jaya Kecamatan BP Peliung yang sudah selesai panen padi melakukan penanaman bibit jagung yang diberikan oleh pemerintah daerah. Karena sebelumnya bupati juga menghimbau kepada petani agar jangan tanam padi tiga kali dalam setahun atau di selingi tanaman palawija. Hal ini ditujukan untuk membunuh siklus hama, kalau pun mau tanam ditanam maka harus tanaman palawija.

Nurkholis Kepala Desa Bandar Jaya Kecamatan BP Peliung mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah karena telah memberikan bantuan bibit jagung kepada petani, dirinya berharap bantuan bibit jagung ini dapat bermanfaat dan menghasilkan produksi jagung yang maksimal. Sebelumya petani di desanya menanam padi tiga kali dalam setahun.

“Karena tanam padi tiga kali dalam setahun hasilnya kurang bagus, bahkan banyak di serang hama, sehingga petani di arahkan untuk melakukan penanaman jagung oleh pemerintah daerah. Kita berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat meski tidak tanam padi,” katanya.

Untuk minggu ini, lanjut kata dia, di desanya melakukan penanaman jagung sebanyak 50 hektar dengan mengunakan akat modern. Kemudian untuk luas tanam yang akan dilakukan penanaman ada 100 hektar lahan persawahan.

“Dalam minggu-minggu ini di desanya sudah melakukan penanaman sudah sampai separuh luas lahan yang ada di desa. Luas tanam keseluruhan mencapai 100 hektar,” jelasnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Desa Bandar Jaya Suwarno mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih banyak kepada pemerintah mewakili petani di Desa Bandar Jaya, karena telah diberikan bantuan bibit jagung, untuk ditanam diarea persawahan saat musim kemarau tahun 2019 ini.

“Karena sebelumnya lahan pertanian di Desa Bandar Jaya selalu melakukan penanaman padi, namun sering mendapatkan hasil yang kurang maksimal, maka petani memilih melakukan penanaman jagung sesuai dengan arahan Bupati OKU Timur,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.