Beranda ADVERTORIAL Beras Merah Organik Diminati Masyarakat

Beras Merah Organik Diminati Masyarakat

BAGIKAN

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi membuktikan kepada masyarakat bahwa, padi organik tetap bisa dipanen disaat tanaman padi lain terserang hama wereng dan kekeringan. Ini terbukti dari panen bersama yang dilakukan Bupati di Desa Sukaraja Kecamatan Buay Madang, Selasa (6/8/2019).

Adapun padi organik yang dipanen tersebut merupakan padi atau beras merah yang saat ini sangat diminati masyarakat. Panen bersama yang dilakukan tersebut sekaligus membuktikan bahwa serangan wereng tidak terlalu berdampak pada produksi beras OKU Timur. Apalagi secara keseluruhan luas tanaman padi yang terserang wereng hanya 1,5 persen saja dari seluruh luas tanaman padi OKU Timur.

“Padi merah yang dipanen ini terdiri dari dua jenis yaitu beras merah yang bibitnya berasal dari Sukamandi dan beras merah yang bibitnya berasal dari Kabupaten Wonogiri. Kalau yang dari Sukamandi baik padi maupun berasnya tidak terlalu merah tapi sangat pulen. Sementara yang berasal dari Wonogiri padi dan berasnya berwarna merah,” ujar Kholid.

Ditambahkan Kholid, bidang pertanian selalu berkaitan dengan bidang lain seperti perikanan dan peternakan. Kemudian bagaimana dari sektor ini masyarakat OKU Timur bisa maju dan sejahtera. Sebagai kabupaten lumbung pangan, OKU Timur tidak akan kekurangan pangan. Dalam setahun produksi padi OKU Timur mencapai 1 juta ton gabah kering panen (GKP) atau setara 650 ribu ton beras.

“Sementara tingkat konsumsi beras masyarakat OKU Timur untuk 700 ribu jiwa hanya menghabiskan  70 ribu ton beras per tahun. Sisanya 500 ribu ton lebih dijual keluar OKU Timur hingga ke pulau Jawa. Kemudian langkah kita untuk memutus hama penyakit pada padi adalah mensosialisasikan kepada petani untuk menanam padi dua kali dan satu kali tanaman palawija dalam satu tahun. Dengan siklus padi, padi dan palawija maka serangan hama seperti wereng akan dengan mudah diatasi,” pungkasnya. (adv).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.