Beranda Berita TPA Martapura Sudah Overload

TPA Martapura Sudah Overload

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR, OKU TIMUR – Kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Martapura, sudah menggunung untuk menampung sampah atau melebihi kapasitas (overload). Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Timur, Fauzie Bakri.

Dikatakannya, tinggi tumpukan sampah sudah hampir sama dengan tiang listrik. Setiap harinya, TPA Martapura menerima 40 ton sampah dari wilayah Kecamatan Martapura dan sekitarnya. Sedangkan luas penampungan sampah di TPA tersebut hanya satu hektar. Sedangkan untuk wilayah Buay Madang dan Belitang, sudah ada TPA dengan luas sekitat 3,8 Hektar yang berlokasi di desa Gunungrejo, Kecamatan Buay Madang Timur.

“Lahan disekitar TPA banyak, namun milik orang. Kita sudah tinjau dilapangan, memang sampah sudah menggunung. Sedangkan lahan penampungan hanya satu hektar, jadi memang diperlukan perluasan lahan TPA. Kita sudah upayakan pengusulan perluasan lahan namun untuk realisasinya kita masih menunggu,” katanya.

Lanjut kata dia, satu mobil truk bisa mengangkut sampah sekitar 4 ton perhari. Dari 12 armada pengangkut sampah yang ada di Dinas Lingkungan Hidup, 7 armada dioperasikan untuk wilayah Martapura dan sekitarnya. Sedangkan 5 armada lainnya di wilayah Belitang.

“Sedangkan OKU Timur kita ambil dari tiga zona dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Lingkungan Hidup diantaranya Kecamatan Martapura, Buay Madang dan Belitang. Untuk saat ini, tujuh armada yang beroperasi mangangkut sampah di wilayah Martapura sudah cukup. Namun idealnya harus ditambah,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya mengelola sampah pada awal tahun 2018. Sebelumnya, pengelolaan sampah di OKU Timur berada pada instansi Dinas Permukiman. “Sejak diambil alih oleh Dinas Lingkungan Hidup, TPA Martapura sudah overload, kapasitasnya penampungan memang sudah melebihi jadi diperlukan perluasan lahan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.