Beranda Berita Himbau Masyarakat Tentang Bahaya Karhutla

Himbau Masyarakat Tentang Bahaya Karhutla

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Polres OKU Timur melalui Polsek Belitang II menghimbau kepada masyarakat di wilayah hukumnya agar tidak melakukan pembakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Hal ini agar di wilayah hukum polsek Belitang II dan di OKU Timur bebas dari kebakaran lahan dan hutan.

“Saya Himbau khususnya masyarakat di wilayah hukum Polsek Belitang II untuk tidak melakukan pembakaran Lahan dan Hutan, karena sangat membahayakan,” kata Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya melalui Kapolsek Belitang II IPTU Jonson SH.

Dirinya menjelaskan, untuk mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yakni, dengan melakukan pemasangan spanduk yang berisi himbauan. “Ada juga pembagian selebaran dan himbauan kepada masyarakat dengan melibatkan seluruh personil dan Bhabinkamtibmas Polsek Belitang II serta meningkatkan kegiatan patroli di wilayah rawan terjadinya karlahut,” jelasnya.

Adapun himbauan yg dipasang yaitu pertama, bersifat mengajak masyarakat agar dapat mencegah dan menjaga terjadinya karhutla tersebut dengan mencoba menyentuh hati dari masyarakat yang memiliki lahan atau yg bertempat tinggal dekat dengan hutan atau lahan kosong. “Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya,” paparnya.

Selain itu himbauan juga bertujuan untuk memberitahu masyarakat bahwa dampak dari terjadinya karhutla dapat merugikan berbagai pihak dan masyarakat banyak tanpa memandang usia. Kemudian akan diberikan sanksi dan ancaman hukuman bagi pelaku yang sengaja membakar lahan perkebunan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Salah satunya dampak yang disebabkannya adalah bencana asap yg dapat merusak kesehatan manusia, dan yang terlebih kasihan lagi adalah anak-anak dan balita yang merusak perkembangan anak tersebut. Sanksi tersebut sebagai bentuk efek jera dan sebagai contoh bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan lainnya,” tandasnya.

Selain itu dirinya juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh komponen kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terlebih lagi khususnya di wilayah Kecamatan Belitang II dan Belitang Mulya agar bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dari kerusakan.

“Mari kita saling mengingatkan satu sama lainnya  demi kemaslahatan umat manusia dan mahluk hidup umumnya. Mudah-mudahan kita sebagai manusia dapat membawa rahmat bagi seluruh alam,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.