Beranda Berita Tiap Tahun Desa Toto Rejo Gelar Upacara Hari Kemerdekaan

Tiap Tahun Desa Toto Rejo Gelar Upacara Hari Kemerdekaan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR -Kemerdekaan adalah tujuan suatu bangsa yang dulunya pernah di jajah. Untuk memperoleh Kemerdekaan itu sendiri pun tidak mudah. Berkat perjuangan para pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawanya sampai pertumpahan darah terjadi saat perang. Itu semua mereka lakukan tidak telepas dari  kecintaannya terhadap bangsa dan negara. Demi membebaskan bangsa Indonesia dari cengkraman penjajah.

Diiringi dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno – Hatta, pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta. Maka kemerdekaan pun benar-benar nyata diraih oleh bangsa indonesia. Cita-cita yang dulunya menjadi suatu idaman, tujuan, dan yang di impi-impikan pun diraih. Sesuai dengan isi teks proklamasi yang menyatakan kemerdekaan indonesia.

Untuk mendukung, menjunjung tinggi, mengenang, menghormati, menghargai, serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang berhasil diraih 17 Agustus 1945, dan dipertahankan sampai sekarang 17 Agustus 2019, selama 74 Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka dari itu Desa Toto Rejo Kecamatan Belitang II mengadakan Upacara Bendera HUT RI yang ke- 74, tahun 2019, di lapangan Desa Toto Rejo.

Sebagai Pembina Upacara diserahkan langsung kepada Kepala Desa Toto Rejo Jupri SE dalam menyampaikan amanatnya mengatakan bahwa, hari ini (17 Agustus kemarin red) seluruh bangsa Indonesia baik di kota maupun di pelosok mengadakan perayaan Upacara Bendera HUT RI/ Pesta kemerdekaan. Untuk membangun Negara, membangun Desa tidak hanya dengan kerja keras, melainkan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju. Sehingga bisa mendukung Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa.

“Bahwa tidak salah pada hari ini jika kita berbangga, karna pada hari ini kita melaksanakan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 74 tahun, tahun 2019. Marilah secara bersama-sama kita  bersyukur atas kemerdekaan ini. Serta bisa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, membangun, dan bekerja sesuai dengan karekter kita masing-masing,” kata Jupri SE.

Selain itu, untuk Desa Toto Rejo sendiri  perayaan serta Upacara Bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) secara rutin laksanakan, karena dirinya menganggap ini sebagai momen bersejarah.

“Semoga kita semua dapat memaknai kemerdekaan ini sebagai warga negara yang dewasa, baik, menjunjung tinggi pesatuan dan kesatuan, cinta tanah air, dan memegang teguh Pancasila serta bernaung di bawah UUD 1945”, tegasnya

Dia menambahkan, khususnya hari perayaan  kemerdekaan RI yang ke- 74  mengemban tema Sumberdaya Manusia Unggul Indonesia Maju. “Artinya kita dituntut untuk lebih memaksimalkan kemampuan SDM yang ada di Indonesia, khususnya di Desa Teluk Kelansam ini, agar nanti secara bersama sama membangun Desa Ini menjadi lebih maju dan lebih baik lagi,” tambah Jupri.

Jupri juga menerangkan bahwa kesadaran masyarakat cukup baik, sehingga mereka juga ikut berpartisipasi dalam perayaan kemerdekaan, seperti pada pelaksanaan upacara. “Jadi kita sebagai Warga Negara Indonesia harus bersyukur atas kemerdekaan ini. Kita harus menghargai, dan menghormati jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Karna berkat dari perjuangan, pertumpahan darah, bahkan  bertaruh nyawa mereka sendiri, kita bisa menikmati Kemerdekaan RI pada hari ini,” kata Jupri selaku pembina upacara, sekaligus Kepala Desa Toto Rejo.

Dirinya juga berharap perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) kedepannya bisa menjadi jauh lebih meriah, lebih baik, dan sukses. “Tentunya ini tidak terlepas dari keterlibatan Pemerintah Desa sebagai pemegang peranan penting untuk mendukung semua kegiatan-kegiatan positif, terutama dalam perayaan HUT RI ini,” ucapnya.

Dia mengatakan, perayaan HUT RI Pemerintah Desa setempat juga bekerja sama dengan pihak sekolah SD Negeri Toto Rejo bersama masyarakat. Kemudian untuk Desa Toto Rejo sendiri hiburan permainan masyarakat, perlombaan akan dilaksanakan siang sampai sore.

Sementara itu seorang tokoh masyarakat Kasan Rejo yang juga berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan upacara hari kemerdekaan memberikan apresiasi serta penilaian yang baik terhadap pelaksanaan upacara HUT RI.

“Tadi kita sudah melaksanakan upacara perayaan HUT RI, tidak hanya di Desa kami ini, dipusat ibu kota, kabupaten, Provinsi, kecamatan  dan bahkan di pelosok-pelosok pedalaman Desa pasti juga secara serentak melaksanakan upacara bendera hari ini”, katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.