Beranda Berita Resmi Dilantik, 20 dari 45 Anggota Dewan Berwajah Baru

Resmi Dilantik, 20 dari 45 Anggota Dewan Berwajah Baru

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR -Sebanyak 45 anggota DPRD OKU Timur terpilih, periode 2019-2024 resmi dilantik. Dari 45 anggota dewan yang dilantik, terdapat 20 orang wajah baru dari berbagai partai pemenang. Sementara sisanya 25 orang merupakan wajah lama, yang berhasil terpilih kembali dalam pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu. Pelantikan dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD OKU Timur, Senin (19/8/2019).

Sebelum pengambilan sumpah dan janji terlebih dahulu Sekretaris DPRD OKU Timur membacakan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor tetang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD OKU Timur. Setelah itu, 45 anggota DPRD OKU Timur diambil sumpah atau janji sesuai dengan agama masing-masing oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Dennie Arsan Fatrika, S.H.,M.H.

Usai pengambilan sumpah dilakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD OKU Timur dan dilanjutkan dengan pengumuman pimpinan sementara DPRD OKU Timur yakni Beni Defitson. Prosesi pengambilan sumpah atau janji diakhiri dengan penyerahan Palu Pimipinan Sidang dari DPRD OKU Timur yang lama kepada Ketua DPRD Sementara terpilih Beni Defitson.

“Saya mengapresiasi para anggota DPRD OKU Timur yang purna bhakti periode lalu yang telah mengemban tugas dengan baik serta penuh tanggungjawab. Saya juga mengucapkan selamat kepada anggota DPRD OKU Timur terpilih masa bhakti 2019-2024 yang sudah dambil sumpahnya. Semoga kedepannya OKU Timur tambah maju dan dapat menyerap aspirasi serta menjaga amanah rakyat,” kata Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Kemasyarakatan Reza Fahlevi.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan sebagai anggota DPRD memiliki 3 (tiga) fungsi yakni pembentukan peraturan daerah, kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD), mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Kukar.

“DPRD merupakan bagian dari pemerintah daerah yang memiliki kedudukan yang sama atau sejajar dengan pemerintah daerah yang harus selaras dalam memajukan pembangunan daerah,” ujarnya.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengucapkan selamat kepada anggota DPRD OKU Timur yang sudah dilantik. Ia berharap para anggota dewan dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun bumi sebiduk sehaluan ke arah yang lebih baik.

“Mari lah kita bersama-sama bersatu kembali untuk membangun OKUT sebagaimana keinginan masyarakat akan kemajuan daerah dan perekonomian daerah,” ujarnya

Seusai dilantik, pimpinan sementara diserahkan kepada partai yang mendapat perolehan kursi terbanyak urutan satu dan dua. Pimpinan sementara dijabat Beni Dafitson dan wakil ketua dijabat Juniah.

“Secepatnya kami akan melakukan pengisian pimpinan definitif, penyusunan alat kelengkapan DPRD dan tata tertib,” kata Beni Dafitson.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Percha Leanpuri anggota DPR RI terpilih, ketua DPD Gerindra Sumsel Saifudin Aswari Rivai, Bupati HM Kholid MD Wakil Bupati Fery Antoni dan unsur Forkompinda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.