Beranda Berita Anak Desa Raih Predikat Doktor

Anak Desa Raih Predikat Doktor

BAGIKAN
Foto : Dr. Dedi Arianto, M. Pd.I

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Anak buruh tani asal Desa Sukanegara Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur dalam menyelesaikan pendidikan S3 merupakan pencapain sebuah impian dan bukti terkabulnya doa orang tua. Dr. Dedi Arianto, M. Pd.I di usia 30 Tahun berhasil meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, dalam sidang terbuka dia berhasil mempertahankan disertasinya dan mendapatkan hasil sangat memuaskan, dengan nilai ujian terbuka 86 dan IPK 3,55 dengan predikat sangat memuaskan.

Perjuangan gigih untuk meraih pendidikan tidak lepas dari semangat orang tuanya yang hanya seorang buruh tani yang penghasilannya tidak menentu. Dedi Arianto anak ke-3 dari tiga bersaudara yang dibesarkan dari kesederhanaan.

Ditengah kondisi ekonomi keluarga yang sesungguhnya menengah kebawah, bahkan kakak-kakak nya tidak ada yang lulus SMA, Dedi sempat menunda satu tahun untuk melanjutkan kuliah S1 dikarenakan permasalahan biaya dan memutuskan merantau di daerah lampung menjadi pekerja kuli bangunan. karena keinginan kuliyah nya tinggi alumni MAN Gumawang ini tidak putus asa dan tetap merawat mimpi walaupun sempat tertunda, di tahun 2007 beliau baru bisa melanjutkan kuliah S1 di STIT Misbahul Ulum, selain menjalankan tugas belajar dikampus sebagai seorang mahasiswa beliau menuturkan juga aktif di organisasi ekstra kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan pada tahun 2011 beliau sempat menjabat sebagai Ketua Umum HMI Cabang OKU Timur.

Setelah menyelesaikan studi S1 pria kelahiran 1988 ini melanjutkan S2 di UIN Raden Fatah Palembang. Di tengah kesibukannya menjadi Dosen STIT Misbahul Ulum di tahun 2015 dedi juga melanjutkan kuliah S3 di UIN Raden Fatah Palembang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam. Usaha itu kini membuahkan hasil, mengangkat penelitian Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah berbasis Pesantren di OKU Timur, dia lulus meraih gelar doktor, dalam sidang terbuka yang dilaksanakan 21 Agustus 2019.

“Ini merjpakan pencapaian yang saya dedikasikan untuk orang tua saya yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk kuliah, hingga saya bisa mandiri dan bisa melanjutkan kuliah sampai jenjang S3,” tuturnya.

Menurut Dedi pendidikan itu penting bagi anak-anak indonesia, terutama anak-anak kurang mampu. “Karena dengan pendidikan dapat memutus mata rantai kemiskinan dan dengan pendidikan juga mereka akan mendapatkan ilmu sebagai bekal kehidupan yang lebih baik,” imbuhnya.

Bahkan Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang menghendaki kebaikan  di dunia maka dengan ilmu, barang siapa menghendaki kebaikan diakhirat maka dengan ilmu, barang siapa menghendaki keduanya  maka dengan ilmu”. (HR. Bukhori dan Muslim). (rel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.