Beranda Berita Ajarkan Pelajar Tentang Hukum Sejak Dini

Ajarkan Pelajar Tentang Hukum Sejak Dini

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur mendapat dukungan dan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, S.Pd, MM. Karena menurutnya kegiatan tersebut sangat baik untuk menambah pengetahuan pelajar di Kabupaten OKU Timur agar paham terhadap hukum sejak dini serta dapat meminimalisir kenakalan pelajar. Demikian diungkapkannya saat kegiatan JMS yang dilaksanakan di SMP N 1 Bunga Mayang, Desa Tunas Peracak, Kecamatan Bunga Mayang belum lama ini.

“Yang jelas melalui program JMS ini kami mengharapkan agar seluruh pelajar di Kabupaten OKU Timur dapat sedini mungkin mengetahui tentang hukum. Sehingga jika pelajar kita sudah paham tentang hukum diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kenakalan remaja yang dapat mengarah keranah hukum. Selain itu ucapan terimakasih kepada Kejari OKU Timur yang telah memberikan pengetahuan hukum kepada anak-anak. Kami  berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” kata Wakimin.

Selain itu Kejaksaan juga mempunyai fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan Penyuluhan hukum. Lanjut kata Wakimin, program Jaksa Masuk Sekolah yang dilakukan Kejaksaan Negeri OKU Timur selain bertujuan untuk memperkenalkan hukum terhadap pelajar sejak dini. Serta untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang dan mengenal lembaga Kejaksaan serta tupoksinya yang memiliki fungsi penegakan hukum.

“Semoga pelajar di Kabupaten OKU Timur dapat lebih paham tentang hukum dan proses penegakan hukum. Sehingga dapat mewujudkan generasi muda yang paham hukum dan mengenali hukum namun dapat menjauhi hukuman,” tambahnya.

Sementara, Kajari OKU Timur Ismaya Herwardanie, S.H.,M.Hum melalui Kasi Intel  Yul Khaidir F, S.H mengatakan, program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dilaksanakan berdasarkan Surat Petunjuk Jaksa Agung RI Nomor : B-81/D/L.2/01/2016 tentang Pembentukan Jaksa Masuk Sekolah. Dimana tujuannya agar tercipta masyarakat dan generasi muda sadar hukum dan taat hukum dan sebagai wujud nyata kinerja Pemerintah RI melalui program Nawa Cita point ke 8 yaitu melakukan revolusi karakter bangsa. Selain itu pihaknya juga memberikan materi tentang pasal-pasal yang berhubungan dengan penyalahgunaan narkotika dan pelanggaran hukum lain.

“Untuk tema program JMS kali ini yaitu ‘Jaksa Sahabat Anak Indonesia !! Kenali Hukum, Jauhi Hukuman’. Dimana saat ini anak-anak sebagai objek dari kejahatan, karena kurang paham akan hal-hal yang berkaitan dengan hukum. Contohnya penyalahgunaan narkotika, untuk itu sudah saatnya anak-anak mengetahui bahwa penyalahgunaan narkotika merupakan pelanggaran hukum. Apalagi sekarang jenis narkotika sudah semakin banyak dengan kemasan yang terkadang mengecoh, dan hal yang terpenting untuk di waspadai adalah dampak negatif serta efek domino dari penyalahgunaan narkotika” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut selain dihadiri Kasi Intel, Kasubsi TP4D dan Staf Kejaksaan Negeri OKU Timur, juga turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur, Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Bunga Mayang, Ketua MKKS, Seluruh Kepala Sekolah Zona 1, Ketua Komite Sekolah, Guru dan ratusan siswa dan siswi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.