Beranda Berita Cegah Terjadinya Stunting dengan Pelatihan PSDM

Cegah Terjadinya Stunting dengan Pelatihan PSDM

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Madang Suku III menggelar pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Pelatihan bersama kader dan sekertaris desa kemudian juga dihadiri dari perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Pelatihan ini dilakukan guna mencegah terjadinya stunting. Sosialisasi pencegahan stunting fokus pada pelatihan tim pemberdayaan masyarakat.

Camat Madang Suku III Andi Rosidi mengatakan, kader akan dilatih membantu masyarakat mengembangkan kapasitas. Agar dapat menangani masalah yang dihadapi secara efektif. Dirinya berharap kader dapat memperjuangkan usulan prioritas kebutuhan masyarakat. Mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan desa.

“Sekaligus menggerakan masyarakat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemberdayaan di wilayahnya. Menumbuhkembangkan prakarsa, swadaya, dan gotong royong masyarakat dalam pembangunan di desanya,” katanya.

Dirinya juga berterimakasih kepada TPID berhasil membentuk dan memberikan motivasi kepada perserta dalam menyampaikan program atau inovasi. Baik dari kecamatan, desa, hingga puskesmas dalam bidang kesehatan.

“Ini menjadi tanggung jawab bersama. Butuh komitmen dan kerja sama masyarakat dan pemerintah. Baik di sektor kesehatan maupun nonkesehatan. Dari tingkat RT hingga kabupaten dalam pembangunan pangan dan gizi,” katanya.

Sementara Martini petugas gizi UPTD Puskesmas Madang Suku III, dengan adanya pemberian materi tentang materi kesehatan tsrsebut bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan mengenai stunting dan pencegahannya karena selama ini sangat banyak kejadian atau masalah stunting namun masyarakat belum mengetahui secara detail akan hal itu dan pencegahannya.

“Maka kita berharap kepada kader desa terus melakukan pemantauan terhadap masyarakatnya, agar jika terjadi permasalahan tentang kesehatan segera dilakukan tindakan oleh tim kesehatan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.