Beranda OKU TIMUR Pentingnya Penanganan Darurat Bencana

Pentingnya Penanganan Darurat Bencana

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur mengajarkan dan memberikan pelatihan kepada ratusan peserta mulai dari pelajar, masyarakat dan perwakilan OPD tentang simulasi penanganan darurat bencana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana baik bencana banjir atau bencana kebakaran hutan dan lahan serta tanggap dalam menanggulangi bencana alam lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Dewi II Desa Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura, Kamis (29/8/2019).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Asisten III Setda OKU Timur Drs M Ali, MM saat membuka kegiatan mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan simulasi tersebut selain untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan kalangan pelajar tentang bagaimana cara penanggulangan darurat bencana, juga sekaligus memberikan prakteknya agar dapat menanggulangi bencana dengan cepat dan tepat. Lalu, melalui kegiatan tersebut diharapkan agar semua unsur masyarakat dapat memahami relevansi program penanggulangan bencana serta melakukan pembinaan, pengendalian dan pelaksanaan khususnya dalam penanggulangan bencana di Kabupaten OKU Timur.

“Adanya simulasi ini diharapkan masyarakat dan pelajar jangan segan-segan untuk memberikan informasi kepada dinas terkait atau pemkab OKU Timur jika tetjadi bencana didaerah masing-masing, hal ini agar dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat,” jelasnya.

Sementara, Kepala BPBD OKU Timur Mgs H Habibullah, S.IP, MM menambahkan, sebelum memulai simulasi, peserta dibekali dengan berbagai materi terkait bencana dan cara penanggulangannya oleh beberapa narasumber diantaranya, perwakilan TNI dari Kodim O403 OKU, perwakilan Polres dan Sat Pol PP dan Damkar OKU Timur. Peserta diberi pengetahuan dan cara penanganan serta bagaimana mengatasi tabung gas elpiji yang bocor agar tidak menimbulkan ledakan serta memicu api yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Kegiatan ini sangat perlu disosialisasikan agar masyarakat dan pelajar dapat mengerti bagaimana menghadapi bencana dan penanggulannya secara terarah, terpadu, cepat dan tepat,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.