Beranda Berita Jalin Kerja Sama dengan PMI OKUT, 80 Persen Masyarakat Desa Karang Binangun...

Jalin Kerja Sama dengan PMI OKUT, 80 Persen Masyarakat Desa Karang Binangun II Tahu Golongan Darahnya

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Sebanyak 80 persen masyarakat Desa Karang Binangun II sudah mengetahui golongan darah (Goldar). Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Karang Binangun II Doni Mardinata saat acara bakti sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam Kuker Ketua TP PKK Sumsel pada Sabtu (7/9/2019).

Dikatakan Doni, sebelumnya pihaknya bersama pendamping desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD) telah mendata masyarakatnya yang sudah mengetahui dan belum mengetahui golongan darahnya. Berdasarkan hasil data tersebut hanya 40 persen warga Desa Karang Binangun II yang mengetahui golongan darahnya sisanya belum mengetahui golongan darahnya.

“Kami sebelumnya sudah melakukan pendataan terkait masyarakat tetang golongan darah. Hasilnya 60 persen masyarakat tidak mengetahui jenis golongan darahnya,” katanya.

Lanjut kata Doni, agar masyarakat dapat mengetahui jenis golongan darahnya, maka pihaknya melakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) OKU Timur untuk melakukan pemeriksaan golongan darah. Hasil pemeriksaan ini menambah data sebanyak 40 persen sehingga jumlah masyarakat yang mengetahui golongan darahnya menjadi 80 persen.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PMI OKU Timur atas kerja samanya dalam membatu kegiatan baksos ini. Kita telah jumlah dengan PMI OKU Timur bahwa masih ada 20 persen lagi masyarkat yang belum mengetahui golongan darah. Mungkin masyarakat yang tidak bisa hadir tersebut masih bekerja sehingga tidak bisa hadir dalam kegiatan ini. Untuk sisanya kedepan kita akan lakukan kerja sama lagi agar masyarakat dapat mengetahui golongan darahnya,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua PMI OKU Timur HM Kholid MD melalui Kepala Markas PMI OKU Timur Yuliardi mengatakan, pemeriksaan golongan darah penting dilakukan untuk kepentingan klinis seperti transfusi darah karena penyesuaian golongan darah menjadi salah satu syarat penting untuk mendonorkan darah atau menerima transfusi darah. Mencegah komplikasi transfusi serta penting untuk ibu hamil.

“Mengetahui golongan darah sangat penting agar ketika seseorang membutuhkan transfusi darah dengan cepat, maka tidak perlu lagi dilakukan cek golongan darah. Jika melakukan cek golongan darah di PMI masyarakat akan mendapatkan kartu hasil cek golongan darah dengan keterangan golongan darah dan tipe Rh (Rhesus),” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.