Beranda Berita Setiap Desa Diharapkan Punya Satu Produk Unggulan

Setiap Desa Diharapkan Punya Satu Produk Unggulan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Selatan melakukan Kunjungan Kerja (Kuker) ke Desa Karang Binangun II, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur. Kuker ketua TP PKK Sumsel beserta rombongan melakukan kunjungan kerja dan silaturrahmi untuk melihat dari dekat kinerja PKK. Serta guna melihat produk unggulan di desa agar dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan aula Desa Karang Binangun II pada Sabtu (7/9/2019).

Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lutsia Herman Deru didampingi wakil ketua tim PKK provinsi Hj Fauziah Mawardi Yahya dalam sambutannya mengatakan, kuker ini dilakukan untuk melihat secara langsung kegiatan apa saja yang dilakukan di TP PKK Desa tersebut. Selanjutnya juga untuk melihat apa yang di perlukan oleh desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Marilah kita bersama-sama bergotong royong untuk sosialisasi kegiatan-kegiatan TP PKK. Misalnya tanaman di perkarangan rumah, senam bersama, Posyandu anak, Posyandu remaja maupun Posyandu lansia, pembinaan UP2K, iva test. Banyak sekali unggulan di daerah yang bisa diangkat dan dikembangkan, namun harus ada satu yang menjadi fokus dan benar-benar dikembangkan,” katanya.

Sementara, Ketua TP PKK OKU Timur Rusmiyati Kholid melalui wakil ketua TP PKK OKU Timur Lilik Setio Rini mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya pertemuan rutin yang dilaksanakan di desa secara bergantian. Selain pertemuan rutin juga dilakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba serta bahaya seks bebas bagi remaja. Pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) menjadi prioritas sehingga kedepan dapat terbentuknya sentra industri rumah tangga terutama untuk kelompok perempuan.

“Seperti di Kecamatan Buay Madang Timur telah memproduksi telur asin, keripik belut, ekstrak jahe. Serta untuk sekarang ini sedang mengembangkan kain jumputan namun untuk sementara masih jilbab. Untuk jalur komering di Desa Betung Kecamatan Semendawai Barat muncul olahan ikan yang di permentasi atau yang dikenal dengan nama ‘Jhoruk’. Selain itu Kecamatan Cempaka juga terkenal dengan songket dan Jambi kristalnya dari Desa Gunung Batu,” terangnya.

Untuk posyandu di OKU Timur, lanjut kata Lilik, bukan hanya ada Posyandu anak dan lansia saja tetapi sudah ada Posyandu remaja yang di rintis di Kecamatan Cempaka. “Lalu, ada juga di Desa Karang Binangun II, Kecamatan Belitang Madang Raya ini juga terdapat Posyandu remaja yang dilaksanakan setiap minggu ketiga di hari jumat setiap bulannya,” lanjutnya.

Dalam kegiatan ini juga TP PKK Sumsel dan TP PKK OKU Timur memberikan bantuan kursi roda untuk masyarakat yang membutuhkan serta mesin jahit guna keperluan usaha masyarakat.

Terpisah, Kepala Desa Karang Binangun II Doni Mardinata mengatakan, dirinya selaku kepala desa mendukung kegiatan TP PKK yang bersifat positif dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena menurutnya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat meningkatkan wawasan kader-kader di Desa Karang Binangun II ini.

“Semoga dengan adanya TP PKK ini dapat meningkatkan wawasan kader-kader baik dari segi kesehatan masyarakat maupun pengelolaan sumber daya manusia yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarkat khususnya di Desa Karang Binangun II ini,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.