Beranda Berita Manfaatkan Barang Bekas dan Sisa Jadi Souvenir

Manfaatkan Barang Bekas dan Sisa Jadi Souvenir

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Barang bekas atau barang sisa sering dipandang sebelah mata bahkan sering dibuang. Tetapi di tangan orang kreatif, barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai mahal. Seperti pembuatan kerajinan yang merupakan binaan dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) TP PKK Desa Karang Binangun II. Banyak sekali kerajinan tangan yang dipajang untuk di jual dengan berbagai bentuk dan keunikannya masing-masing.

Menurut Eka Yuliati selaku ketua UP2K Desa Karang Binangun II yang juga pelaku usaha, pembuatan kerajinan tangan ini menggunakan barang bekas maupun barang sisa yang ada dilingkungan sekitar desa yang tidak terpakai lagi. Untuk pembuatannya dilakukan secara home industri yang melibat keluarga dan tetangga. Kerajinan tangan yang sesuai pesanan seperti hantaran pernikahan, mahar serta souvenir, pernik flanel, barbie candy, buqet bunga. Pemasaran bisa di pesen langsung maupun secara online.

“Untuk souvernir harga bervariasi mulai dari Rp 5000 sampai Rp 200.000. Untuk mahar kisaran Rp 200.000 sampai Rp 2.000.000 tergantung model ukuran dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Kerajinan tangan ini lama pembuatannya minimal 5 jam tergantung bahan dan tingkat kesulitan dari bentuk kerajinannya,” katanya

Sementara itu, Kepala Desa Karang Binangun II Doni Mardinata mengatakan, untuk mewujudkan keluarga dengan ekonomi yang kuat perlu peran serta dari TP PKK desa karena tujuan UP2K ini untuk memperkuat kelompok-kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuh kembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha kelompok/ perorangan UP2K-PKK. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Apa lagi kerajinan tangan ini memanfaatkan bahan-bahan yang tidak bekas yang tidak terpakai tentunya ini sangat baik untuk di kembangkan,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.