Beranda Berita Tingkatkan Pengetahuan Bencana, Basarnas Sumsel Gelar Pelatihan

Tingkatkan Pengetahuan Bencana, Basarnas Sumsel Gelar Pelatihan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Sumsel melakukan pelatihan potensi SAR kepada 40 peserta yang berasal dari perwakilan unsur TNI, Polri, OPD dan Organisasi Pemuda dan masyarakat dari Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan. Dimana tujuannya untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan mengenai penangan jika terjadi suatu bencana atau kedaruratan di daerah khususnya di Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan dibuka langsung Direktur Bina Potensi Basarnas Marsekal Pertama TNI Faturrahman Indra Jaya, SE, MM serta dihadiri Sekda OKU Timur Jumadi, S.Sos, Pelaksanaan Pelatihan Potensi SAR Palembang Berty DY Kowas, SE, Kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah, S.IP, MM dan sejumlah kepala OPD, perwakilan Forkompinda serta peserta pelatihan, yang berlangsung di Aula Bina Praja Pemkab OKU Timur, Selasa (10/9/2019).

Dalam sambutannya Direktur Bina Potensi Basarnas Marsekal Pertama TNI Fatturahman Indra Jaya, SE, MM didampingi Pelaksanan Pelatihan Potensi SAR Berty DY Kowas, SE mengatakan, selain memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang bagaimana melakukan tindakan jika terjadi bencana atau keadaan darurat, para peserta juga nantinya akan diberikan tata cara dan simulasi dalam melaksanakan water rescue.

“Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama empat hari, dua hari materi dan dua hari simulasi dilapangan. Diharapkan melalui pelatihan ini semua peserta bisa mengerti bagaimana melakukan tindakan penyelamatan sesuai dengan prosedur Basarnas serta tetap menjaga keselamatan diri sendiri,” jelasnya.

Dikatakan, untuk materi yang diberikan selama pelatihan salah satunya pertolongan pertama di air. Dimana hal ini agar para peserta dapat menyelamatkan diri sendiri dan orang lain ketika adanya kejadian. Karena meskipun bisa berenang namun ada tehnik sendiri untuk proses penyelamatan sehingga penolong dan yang ditolong bisa sama-sama selamat.

“Karena diwilayah Kabupaten OKU Timur ini yang sering terjadi bencana Banjir dan Kebakaran, maka para peserta difokuskan diberikan pelatihan water rescue dan pertolongan pertama di air. Selain itu jika terdapat keadaan darurat para peserta yang telah diberikan pelatihan ini tidak bisa melakukan pertolongan sendiri bisa menghubungi kantor perwakilan kita atau silahkan telepon dinomor 115,” tambahnya.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur Jumadi, S.Sos mengatakan, jika dilihat dari luas wilayah dan peta potensi bencana, Kabupaten OKU Timur tidak ada potensi bencana yang sangat besar karena letak goegrafis daerah jauh dari jangakaun laun dan gunung. Hanya saja potensi bencana di OKU Timur hanya berupa kebakaran, tanah longsor, puting beliung dan banjir. Namun untuk banjir selain disebabkan oleh hujan lebat juga sering kiriman dari kabupaten tetangga.

Kemudian adanya pelatihan ini, dirinya berharap agar kegiatan ini bukan hanya sebatas kegiatan seremonial saja namun harus mampu dijalankan dengan baik sehingga apa yang disampaikan narasumber bisa di aplikasikan dengan baik dan benar oleh seluruh peserta.

“Gunakanlah kesempatan ini untuk menambah ilmu dan keterampilan agar para peserta nanti dapat membantu proses pencarian dan pertolongan jika terjadi sesuatu bencana. Serta peserta juga dapat meningkatkan perannya dalam meningkatkan keterampilan water rescue guna tercapainya operasi sar yang cepat, tepat dan aman,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.