Beranda Berita Bupati Turun Padamkan Kebakaran di Cempaka

Bupati Turun Padamkan Kebakaran di Cempaka

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kecamatan Cempaka tepatnya lahan terbakar tersebut milik perusahaan  GNS hal ini menyebabkan 100 hektar lahan terbakar. Kejadian tersebut langsung dipantau oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD.

“Kebakaran diketahui pada Rabu kemarin  (18/9/2019) lalu saya mendapatkan laporan dari tim. Sehingga saya sendiri langsung datang mengecek keadan disana,” jelas Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Senin (23/9/2019).

Dikatakan, lahan yang kebakaran merupakan lahan gambut milik prusahaan GNS yang diduga ditelantarkan oleh pihak perusahaan tesebut. Sehingga tidak ada yang mengontrol lokasi tersebut.

“Kita sudah krim pesen tegas terhadap prusahan tersebut agar membantu untuk memadamkan api,” tegas Bupati.

Lanjut kata Kholid, pemadaman kebakaran dilakukan oleh tim gabungan dari Pol PP, Polisi, TNI dan Barsarnas OKU Timur. Selain itu anggota Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur juga membantu tim yang bekerja memadamkan kebakaran.

“Pemadaman dilakukan dengan memukul-mukul api dengan dahan kering dan sudah mengunakan alat mesin sprot air yang sumbar airnya menyedot dari air sungai komering,” pungkasnya.

Kholid mengatakan berdasarkan penyelidikan sementara, kebakaran hutan milih prusahaan GNS ini disebabkan ulah  human error. “Terkait hukum kita serahkan ke pihak yang berwajib,yang jelas dari pihak kita sudah menegur dengan tegas kepada prusahaan,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.