Beranda Berita Kebakaran di Cempaka Sudah Padam

Kebakaran di Cempaka Sudah Padam

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kecamatan Cempaka tepatnya lahan terbakar tersebut milik perusahaan Gula Nusantara Sakti (GNS) yang mengakibatkan 100 hektar lahan terbakar. Untuk saat ini api sudah padam, karena dilakukan pemadaman oleh berbagai pihak dan dibantu dengan turunnya hujan.

“Pemadaman kebakaran dilakukan oleh tim gabungan dari Pol PP, Polisi, Dinas Sosial, TNI dan Barsarnas OKU Timur serta pihak PT Laju Perdana Indah (LPI) yang membantu peralatan pemadaman dengan mengunakan Engine Pump untuk membasahi lahan yang terbakar. Selain itu anggota Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur juga membantu tim yang bekerja memadamkan kebakaran,” kata Kepala BPBD OKU Timur Habibullah.

Lanjut kata dia, lahan yang kebakaran merupakan lahan gambut milik prusahaan GNS yang diduga ditelantarkan oleh pihak perusahaan tesebut. Sehingga tidak ada yang mengontrol, dan menyebabkan lahan terbakar.

“Kita sudah krim pesen tegas terhadap prusahan tersebut agar membantu untuk memadamkan api,” ucapnya. Kemudian sebelumnya pemadaman dilakukan dengan memukul-mukul api dengan dahan kering dan pemadam kebakaran, serta mengunakan alat mesin sprot air dari LPI, yang sumbar airnya menyedot dari air Sungai Randu.

Habib mengatakan berdasarkan penyelidikan sementara, kebakaran hutan milik perusahaan GNS ini masih dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian. “Terkait hukum kita serahkan ke pihak yang berwajib,yang jelas dari pihak kita sudah menegur dengan tegas kepada prusahaan,” tegasnya.

Meski saat ini api sudah padam, namun pihaknya terus melakukan pemantauan di lokasi yang rawan terbakar. Kemudian pihaknya selalu siap dan siaga jika terjadi kebakaran.

“Jadi TRC yang ada di wilayah Cempaka terus melakukan pemantauan di lokasi rawan kebakaran. Agar api dapat segera di tangulangi jika terjadi kebakaran,” pungkasnya.

Sementara Tio Perwakilan PT LPI mengatakan, pihaknya siap membantu jika terjadi kebakaran di wilayah OKU Timur, meski lokasi tersebut bukan di HGU PT LPI. Karena sudah menjadi kewajiban untuk menjaga agar OKU Timur bebas asap, salah satunya dengan mengirimkan Engine Pump untuk membasahi area yang terbakar.

“Alhamdulillah lokasi yang terbakar saat ini sudah padam, selain kerja sama dari berbagai pihak dalam melakukan upaya pemadaman, kita juga di bantu dengan turunya hujan yang menguyur lokasi lahan terbakar. Kita kedepan juga siap membantu pemerintah dalam pemadan, jika terjadi kebakaran,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.