Beranda Berita 914 Unit Rumah, Mendapat Program Bedah Rumah

914 Unit Rumah, Mendapat Program Bedah Rumah

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pada tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) OKU Timur melakukan bedah rumah sebanyak 914 unit. Pelaksanaan tersebut dibagi menjadi dua kegiatan Termin 1 (T-1) dan T-0. Untuk T-1 sudah berjalan sedangkan untuk T-0 akan berjalan pada pertengahan bulan Oktober ini.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman OKU Timur Aldi Gurlanda melalui Kabid Perumahan Merdiansyah, beda rumah ini dilakukan di beberapa desa yang tersebar di wilayah OKU Timur. Untuk T-1 19 desa sedangkan untuk T-0 sebanyak 30 desa.

“Untuk pengerjaan fisik untuk T-1 ada sebagian yang mulai awal bulan Juli dan ada juga di awal bulan Agustus. Sedangkan untuk target penyelesaian akan diselesaikan hingga akhir tahun ini,” katanya.

Untuk mempercepat penyeselaian RTLH di wilayah OKU Timur, lanjut kata dia, pihaknya sudah mengajukan tambahan kuota ke pemerintah provinsi untuk RTLH pada 2020 dan pengajuan dana alokasi khusus pada pemerintah pusat. “Kuota untuk bedah rumah berbeda pada tiap tahunnya mendapatkan kuota yang berbeda-beda. Maka kami telah mengajukan penambahan kuota ke Pemprov Sumsel serta pengajuan DAK ke pemerintah pusat,” lanjutnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang di data oleh Dinas Perkim pada tahun 2018 sebanyak 9516 unit. Sedangkan jumlah RTLH yang sudah tertangani sampai tahun 2018 sebanyak 1522 unit. Jadi jumlah RTLH yang sudah tertangani sampai tahun 2019 sebanyak 2466 unit.

“Program bedah rumah ini untuk meningkatkan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni. Sehingga dapat membatu masyarakat yang sebelumnya yang memiliki RTLH menjadi lebih sehat dan layak huni,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.