Beranda Berita Cek Langsung Pembangunan, Bupati Blusukan ke Villa Masin

Cek Langsung Pembangunan, Bupati Blusukan ke Villa Masin

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD bersama Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Timur Jumadi SSos dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur melakukan kunjungan kerja ke dusun villa masin desa mendah kecamatan jayapura. Kunjungan ini juga sekaligus blusukan ke desa-desa guna mengecek langsung pembangunan yang dilakukan Pemkab OKU Timur, Rabu (9/10/2019).

Dalam kunjungan kerja tersebut juga dihadiri oleh Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya dan Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH

Dalam kesempatan tersebut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya menghimbau agar masyarakat villa masin untuk menjaga keamanan di sekitar lingkungan wilayah villa masin. Selain itu  terkait rencana penggunaan lahan hutan kawasan agar kiranya masyarakat bersabar agar tidak terjadi pelanggaran hukum dalam pengelolaan lahan.

“Agar dapat dipergunakan oleh masyarakat vila masin sebaik-baiknya dan masyarakat untuk bersabar jangan sampai terjadi pelangaran hukum dalam pengelolaan lahan hutan kawasan ini,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kapolres OKU Timur, Kajari OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH juga mengharapkan agar masyarakat vila masin dan sekitarnya untuk dapat bijak. Hal tersebut perlu dilakukan karena pemerintah telah berusaha mengusulkan agar tanah kawasan dapat diolah oleh masyarakat. “Masyarakat kiranya bersabar sehingga nantinya tanah yang dipergunakan sah atau legal,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam pidatonya mengatakan, Pemkab OKU Timur telah mengusulkan tiga ratusan hektar lebih hutan kawasan dapat dikelolah oleh masyarakat sejak tahun 2017. Sekarang pemerintah masih menunggu realisasi tersebut dari kementerian terkait sehingga dg tanah yang dapat di kelolah oleh masyarakat nantinya dapat di manfaatkan sebaik-baiknya.

“Dengan pengusulan lahan ini diharapkan  masyarakat dapat menfaatkan tanah yang nantinya diberikan oleh pemerintah supaya dapat ditanami buah buahan. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat seperti mangga jeruk atau nangka,” kata Kholid yang juga tokoh NU OKU Timur.

Lebih lanjut Kholid menjelaskan, mengenai kepastian Tanah Objek Reformasi Agraria(TORA) yang sudah mendekati final, tinggal menunggu realisasi dari Kementrian terkait. Ada seluas 754Ha yang bisa di sertifikat dan 6818Ha yang bisa digunakan untuk perkebunan sosial.

“Lahan tersebut kiranya masyarakat dapat  menanam tanaman yang diperlukan oleh pasar seperti jagung, jeruk, mangga, nangka dan alpukat sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati OKU Timur, melalui dinas terkait juga akan memberikan ribuan bantuan bibit pokat dan mangga kepada masyarakat desa mendah untuk ditanam di perkarangan rumah.

Saat ditanya oleh salah satu warga terkait pengembangan air bersih yang dapat mengaliri ratusan penduduk desa yang bersumber dari mata air bukit vila masin,  kholid langsung menangapi bahwa tahun depan akan segera di bangun isntalasi air bersih di dusun vila masin desa mendah mengingat vila masin berada di gugus bukit barisan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.