Beranda Berita Bumdes Sribudaya Produksi Pupuk Organik

Bumdes Sribudaya Produksi Pupuk Organik

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Beberapa waktu terakhir ini, sistem pertanian organik semakin marak di berbagai daerah. Tak terkecuali di OKU Timur dan sekitarnya. Peralihan sistem itu dipengaruhi oleh semakin menurunnya kualitas tanah yang disebabkan pemakaian pupuk kimia secara terus menerus. Akibatnya, jumlah panen dan kualitasnya terus menurun. Sementara, kebutuhan pupuk kimia semakin tinggi.

Melihat peluang itu, Pengurus BUMDES Desa Sribudya  Kecamatan Belitang Mulya, mulai mengembangkan mulai memproduksi pupuk organik. Selain dipakai oleh oleh petani setempat, pupuk ini dijual ke petani lain dan bahkan sudah merambah ke berbagai wilayah Dijawa Barat. Agar lebih maksimal, produksi pupuk itu dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sribudaya mengembangkan bisnis produk-pupuk cair organik. Karena Pertanian organik kini mulai dikenal luas masyarakat seiring dengan adanya tren hidup sehat. Pasar yang makin terbuka memicu banyaknya pelaku pertanian organik bermunculan,” terang Heriyanto Kepala Desa Sribudaya.

Lanjut kata dia, pertanian jenis ini menjadi menarik bagi para pelaku dan sukses di pasar karena selain bernilai ekonomis tinggi, pertanian organik penting untuk perbaikan ekosistem pertanian yang kian rusak terpapar bahan sintetik atau kimiawi, seperti pestisida. Bahkan, disebut pula bahwa pertanian organik menjadi salah satu solusi pertanian berkelanjutan, khususnya pada petani.

“Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dibentuk sebagai lokomotif ekonomi masyarakat desa. Ini sebagai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun  2014 tentang Desa,” imbuhnya.

Sementara Camat Belitang Mulya Sandra Bhakti mengatakan, bahwa BUMDes di Desa Sribudaya juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa sribudaya Kecamatan belitang mulya OKU Timur  dengan CV Sentoso Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.  Semoga Kerja Sama Ini Bisa Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa dan Bisa Menambah PAD Desa Serta untuk Kesejahteraan Petani di OKU Timur dan Sekitarnya.

“Untuk itu, pengelolaan dan pelaporan BUMDes juga harus transparan bagi pemerintah desa dan masyarakat. Artinya dasar pengelolaan harus serba transparan dan terbuka sehingga ada mekanisme chek and balance baik oleh pemerintahan desa maupun masyarakat. Jika BUMDes dikelola dengan baik dan benar, sehingga kesejahteraan masyarakat desa akan cepat meningkat,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.