Beranda OKU TIMUR Dinkes Beri Obat Gratis guna Cegah Filariasis

Dinkes Beri Obat Gratis guna Cegah Filariasis

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur menindaklanjuti perintah Bupati HM Kholid MD dalam menurunkan dan mengobati penyakit filariasis atau sering disebut penyakit kaki gajah. Salah satunya dengan melakukan Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) Filariasis kepada seluruh masyarakat OKU Timur tanpa terkecuali.

“Kemudian kegiatan seperti ini akan dilakukan di setiap Kecamatan di Kabupaten OKU Timur, hingga ke desa-desa melalui tenaga kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin.

Dikatakan, penyakit kaki gajah ini ditularkan melalui gigitan nyamuk, melalui penderita kaki gajah nyamuk berpindah menggigit orang lain. Penderita rata-rata diusia 16 tahun ke atas. Kemudian bagi penderita kaki gajah akan terjadi ke cacatan pada kaki.

“Maka untuk mencegah menyebarnya penyakit kaki gajah tersebut Dinas Kesehatan terus melakukan pencegahan, dengan memberikan obat gratis kepada masyarakat dan memberikan penyuluhan, agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk, ” imbuhnya.

Ditambakannya, untuk mengurangi penyakit kaki gajah atau Filariasis mengadakan rapat kordinasi, penyuluhan pelatihan kader puskesmas, puskesdes untuk pemberian obat secara masal dengan tujuan mengurangi penyakit tersebut dengan mengadakan rapat kordinasi pemberian obat Filariasis dan pelatihan kepada kader.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada kader puskemas dan puskesdes yang sudah banyak membantu sehingga kegiatan ini berjalan lancar. Pemberian obat filariasis disalurkan secara massal kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.