Beranda Berita RSUD OKU Timur Siap Layani Cuci Darah

RSUD OKU Timur Siap Layani Cuci Darah

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Warga OKU Timur yang menderita gagal ginjal tidak perlu ke Baturaja maupun Kota Palembang bila ingin melakukan cuci darah. Mengingat saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OKU Timur sudah memiliki ruang hemodialisa. Ruangan tersebut dilengkapi dengan empat alat dan SDM yang sudah ahli di bidang Hemodialisa.

“Sudah lama Pemkab OKU Timur mengupayakan agar RSUD OKU Timur memiliki alat hemodialisa. Alhamdulillah, kini telah terwujud, dimana sudah ada 4 alat dan setiap hari mampu melayani 8 pasien setiap harinya,” ujar Direktur RSUD OKU Timur dr Sugihartono.

Lebih lanjut Sugi mengungkapkan, dengan adanya ruang hemodialisa tersebut diharapkan dapat membantu meringangkan biaya para penderita gagal ginjal yang ingin cuci darah. Menurutnya, selama ini warga OKU Timur yang ingin cuci darah harus ke rumah sakit di Kota Palembang maupun ke Baturaja.

“Bila menjalani cuci darah di Pelambang tentunya membutuhkan biaya lebih untuk transportasi dan kebutuhan lain selama perjalanan. Kalau, di RSUD OKU Timur lebih hemat biaya transportasi,” terangnya.

Ditambahkan, keberadaan ruang hemodialisa itu merupakan upaya Pemkab OKU Timur dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Dimana pelayanan hemodialisa sebenernya sudah sejak tahun 2017 lalu dilakukan pembangunan, namun dikarenakan prosesnya yang cukup lama,  baik dari persiapan bangunan, alat hingga perizinannya, akhirnya bisa terealisasi tahun 2019 ini.

“Saat ini alat hemodialisa yang tersedia ada 4 unit, ke depan rencananya akan ditambah, dikarenakan pelayanan ini biaya nya cukup mahal,  maka kami akan menggandeng BPJS,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, pelayanan hemodialisa di RSUD OKu Timur ditangani langsung oleh tenaga medis yang memang kompeten dibidang hemodialisa,  yakni penanggung jawab harian Dokter spesialis penyakit dalam yang sudah tersertifikasi hemodialisa,  untuk perawat.

“Semuanya sudah bersertifikat hemodialisa, tidak hanya itu,  kedepan  RSUD OKU Timur akan mengikuti pelatihan hemodialisa di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP)Yogyakarta,” jelasnya.

Sementara perwakilan pasien Hemodialisa H Ismail mengatakan, ucapan terimakasih kasih kepada pemerintah daerah OKU Timur karena telah memberikan pelayanan cuci darah di OKU Timur.  Karena memurutmya banyak rekan-rekan nya dari OKU Timur yang berada di Palembang ataupun di Baturaja yang melakukan cuci darah. Kemudian banyak dana yang harus di keluarkan jika harus ke Palembang untuk melakukan cuci darah.

“Saya mewakili para pasien Hemodialisa sangat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah OKU Timur dan pihak RSUD karena telah menyediakan alat untuk cuci darah. Diharapkan hal ini dapat meringankan biaya dan waktu pasien dan keluarga pasien, karena tidak perlu lagi harus ke Palembang dan hanya cukup di RSUD OKU Timur yang berada di Belitang. Seperti saya ini hampir setiap satu minggu sekali harus cuci darah, ya kalau tidak cuci darah bisa bisa menyebabkan kematian,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.