Beranda OKU TIMUR Pemkab OKU Timur Dirikan Koperasi Petani Cabai

Pemkab OKU Timur Dirikan Koperasi Petani Cabai

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel Cabang Martapura akan membentuk koperasi khusus untuk petani cabai. Pendirian koperasi petani cabai ini untuk memberikan kemudahan bagi petani cabai saat akan melakukan tanam cabai. Serta dapat membantu petani mendapatkan modal khususnya petani cabai di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, di koperasi petani cabai, selain membantu petani dalam memberikan pinjaman modal, petani juga dengan mudah bisa mendapatkan bibit cabai kualitas terbaik, pupuk dak keperluan lainnya. “Koperasi Petani Cabai ini kerjasama dengan Bank Sumsel Babel (BSB). Jadi  petani jika mau tanam bisa mendapatkan modal, bibit, pupuk dan lainnya di koperasi. Setelah panen bisa dikembalikan ke koperasi,” ujar Kholid saat melakukan panen cabai di Dusun Lipay Desa Perjaya Barat Kecamatan Martapura, belum lama ini.

Lanjut kata Bupati, disaat musim kemarau petani cabai di wilayah OKU Timur berhasil memanfaatkan lahan persawahan yang disulap menjadi lahan produktif sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat. Pemkab OKU Timur menurut Bupati sangat mendukung terhadap adanya inisiatif masyarakat dalam mengelola lahan persawahan untuk menanam palawija dan cabai. Oleh sehab itu Pemkab OKU Timur melalui dinas terkait akan memberikan fasilitas dan dukungan terhadap petani-petani agar dapat mengembangkan tanaman cabai, yang tujuannya bisa menambah penghasilan masyarakat.

“Tidak ada alasan lagi untuk tidak menanam cabai, bagi punya lahan bisa kerjasama dengan penanam, yang tidak punya lahan bisa sewa, yang tidak punya modal bisa pinjam di koperasi. Terbukti walau kemarau petani tetap bisa melakukan panen cabai. Untuk tatacara perawatan, pola tanam dan pemilihan bibit yang baik, nanti kita akan minta kepada penyuluh pertanian dan petani yang telah berhasil untuk memberikan ilmunya kepada petani lainnya sehingga petani lain juga bisa berhasil,” ungkap Kholid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.