Beranda Berita Pemkab OKU Timur Tekadkan Entaskan Kemiskinan Hingga Satu Digit

Pemkab OKU Timur Tekadkan Entaskan Kemiskinan Hingga Satu Digit

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur bertekad mengentaskan kemiskinan menjadi satu digit. Hal ini dikatakan Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Timur, Jumadi, Sos saat membuka secara resmi rapat kordinasi kelitbangan Kabupaten OKU Timur tahun 2019, di aula Bina Praja I pada Kamis (24/10/2019).

Dalam sambutannya Jumadi mengatakan, rakor ini bertujuan mengindentifikasi permasalahan dan isu isu kelitbangan di daerah. Serta memperkuat jejaring kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi maupun lembaga lain, mendapatkan masukan dan saran guna memperkuat SDM kelitbangan.

“Selain itu juga bertujuan untuk memperkuat fungsi kelitbangan dalam perencanaan reguler dan juga memperkuat kelitbangan melalui jejaringan informasi,” katanya.

Selain itu, Sekda juga menegaskan, ada empat prioritas daerah OKU Timur yaitu,  pembangunan infrastruktur dasar wilayah, peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam hal pertanian berkelanjutan. Kemudian penanggulangan kemiskinan dan pengangguran serta stabilitas keamanan dan sukses pilkada serentak.

“Saat ini yang menjadi fokus isu nasional, provinsi dan kabupaten OKU Timur adalah kemiskinan menjadi satu digit. Menurunkan kemiskinan itu bukan hal yang mudah walaupun hanya satu digit, masalah kemiskinan merupakan masalah yang kompleks apalagi di daerah yang minim sumber daya dan kita tidak menginginkan  langkah-langkah yang diambil dalam upaya kita untuk menurunkan kemiskinan tersebut ternyata tidak atau kurang efektif, tidak tepat pada sasarannya dan akhirnya hanya sia-sia baik terkait anggarannya maupun waktu,” kata jumadi.

Untuk itulah peranan Bapeda Litbang bertugas melakukan upaya menjalankan program pemerintah secara berkesinambungan dan mencari formula yang tepat untuk menurunkan angka kemiskinan. Serta kebijakan- kebijakan yang diambil nantinya benar-benar sudah berdasarkan penelitian yang komprehensif yang dilakukan oleh orang-orang yang profesional di bidangnya.

“Litbang dituntut bergerak cepat untuk menyusun analisis penyebab kemiskinan,  perumusan strategi penangulangan kemiskinan, penguatan tim penanggulangan kemiskinan. Serta penyusunan aplikasi informasi kemiskinan,” ungkap Jumadi.

Sekda juga menambahkan, kegiatan kajian penelitian atau kelitbangan di harapkan dapat menjadi salah satu instrumen pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja organisasi dalam mengentaskan kemiskinan. Khusus kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur diharapkan dapat memunculkan inovasi-inovasi yang terus digali dan dikembangkan.

“Untuk dapat bersaing di era berkembang saat ini kita membutuhkan inovasi-inovasi khususnya yang terkait dengan penguasaan teknologi informasi atau teknologi digital. Serta untuk bisa bergerak maju kita juga sangat membutuhkan terobosan-terobosan, pengembangan-pengembangan yang sesuai dengan potensi yang kita miliki,” pungkasnya.

Sementara itu kepala Bapeda Litbang OKU Timur Ir Yos Sugiono melalui Sekretaris Bapeda Litbang Marius Markus,  S. STP mengatakan, rakor ini menghadirkan narasumber dari peneliti Balitbangda Provinsi Sumsel Hendrixon ST, M.MT serta Niken, SP, M.Si. Kegiatan rakor yang bertemakan “Peran lembaga penelitian dan pengembangan untuk mewujudlan angka kemiskinan 1 digit”.

“Rakor ini diikuti 125 orang, hadir juga Ir.H. Saiman Kusuma Darma MM sebagai tenaga ahli Kelitbangan OKU Timur, para asisten, staf ahli Bupati, Kepala OPD,  kepala Bagian, Camat, serta unsur perguruan tinggi,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.