Beranda Berita Pencairan DD Menunggu Laporan Konsolidasi Siskeudes

Pencairan DD Menunggu Laporan Konsolidasi Siskeudes

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) memperkirakan dana desa tahap ke tiga akan cair pada awal Bulan November mendatang. Pencairan tersebut tinggal menunggu laporan konsolidasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) tahap satu dan dua yang saat ini baru sekitar 25 persen desa yang sudah menyelesaikannya.

H Rusman SE MM selaku Kepala Dinas PMD saat diwawancarai mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan konsolidasi siskeudes, untuk pencairan dana desa tahap tiga, karena hal tersebut sebagai salah satu syarat pencairan dana desa dari pusat. Maka bagi desa diharapkan agar segera menyelesaikan laporan siskeudesnya.

“Paling sedikit 50 persen desa bulan ini harus sudah menyelesaikan laporan konsolidasi siskeudes, agar dana desa dari pusat dapat dikirim ke daerah dan bisa segera kita kirim ke rekening desa pada bulan November mendatang,” katanya.

Kalau dana desa sudah diterima oleh pemerintah daerah, maka akan segera dikirim ke rekening desa, agar pembangunan infrastruktur atau sumber daya manusia bisa dilanjutkan. Kemudian desa dapat menggunakan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat.

“Ya, memang desa diarahkan membentuk BUMDes. Dan dana desa bisa digunakan untuk itu, untuk pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes tersebut,” pungkasnya.

Sementara Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Dedy Dharma Riza di bidanh Pembangunan Partisipatif mengatakan, pihaknya sudah menhimbau kepada kawan-kawan pendamping Desa di setiap kecamatan agar membatu pemerintah desa dalam menyelesaikan laporan konsolidasi siskeudes.

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah banyak desa yang mulai menyelesaikan laporan konsolidasi siskeudes, kita perkirakan ahir bulan ini sudah selesai dan awal bulan November Dana Desa tahap ke tiga bisa cair dan di terima oleh desa yang ada di OKU Timur,” jelasnya.

Tentu dalam hal ini pihaknya selalu berkordinasi kepada pendamping desa kecamatan dan lokal desa untuk selalu memberikan arahan kepada pemerintah desa dalam segi pelaporan, baik itu dana desa, add dan bangub.

“Memang sudah menjadi tugas dan tangung jawab kita sebagai tenaga ahli dan temen-teman pendamping di lapangan untuk selalu berkordinasi dalam menyelesaikan permasalahan di lapangan. Agar semunya dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan,” pungkasnya.

Sementara Ari Apriko salah satu pendamping desa dari kecamatan Semendawai Suku III mengatakan, alhamdulillah untuk desa yang berada di Kecamatan Semendawai Suku III 100 persen sudah menyelesaikan laporan konsolidasi siskeudes, pihaknya tinggal menunggu dana desa dikirim ke rekening desa.

“Kita kecamatan Semendawai Suku III sudah siap menerima dana desa tahap III, kita juga sudah menyiapkan laporan pertanggungjawaban pengunaan dana desa tahap pertama dan kedua yang merupakan sebagai salah satu syarat pencairan dana desa dari kabupaten ke tingkat desa,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.