Beranda OKU TIMUR Bupati OKU Timur Bagikan Tips Bersosmed yang Baik Kepada Pelajar

Bupati OKU Timur Bagikan Tips Bersosmed yang Baik Kepada Pelajar

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid MD memberikan tips jitu bersosial media yang baik kepada pelajar. Hal ini disampaikan saat mengikuti kegiatan sosialisasi penggunaan media sosial secara bijak di aula SMA N 3 Unggul Martapura, Senin (4/10/2019).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengapresiasi kegiatan sosialisasi penggunaan media sosial secara bijak yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur. Dirinya juga mengatakan, era digitalisasi menuntut para pelaku industri mengunakan alat ini sebagai penunjang usaha mereka.

“Setiap bulan bahkan hari tehknologi semakin berkembang, bahkan kemajuannya sangat cepat, jika tidak bisa mengikuti perkembangan tehknologi maka kita akan ketinggalan,” katanya.

Dilanjutkan Bupati, era gitalisasi ini banyak dampaknya, baik dampak postif maupun dampak negatifnya. “Saya minta semua pihak baik itu pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum jadilah agen perubahan di bidang kebaikan dalam penggunakan tehknoklogi, karena saat ini manusia sangat tegantung pada tehknologi digital, jadikan tehknologi sebagai alat bantu mepermudah dalam pekerjaan,” ujar Bupati.

Untuk menggunakan media sosial dan internet yang bijak Bupati meberikan tips. Pertama yaitu  selalu cermati konten yang ditulis, jangan langsung shere atau membagikan, kemudian kedua hindari penggunaan media sosial  saat sedang emosi, hal ini di karenakan ketika kita emosi maka kita akan mengunakan medos sebagai pelampiasan emosi dan apa yang di tulis di medsos akan muncul kalimat yang jelas.

Bupati melanjutkan, tips ke tiga yaitu pilih dan pilah kawan di medsos, ke empat jadikan medsos sebagai tempat menyalurkan hobi yang positif misalkan konten tentang memasak, atau berbagi ilmu pengetahuan.

“Kelima yaitu lindungi akun kita, jangan pernah mengumbar data pribadi kita, karena kerap kali data pribadi kita di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan terakhir yaitu jadikan Medsos sebagai kontrol sosial,” ujarnya seraya mengatakan kita harus menggunakan berteknologi namun kita tetap juga harus bertahan dengan adat dan budaya bangsa.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKU Timur Arvan Hermawan mengatakan kegiatan ini di ikuti oleh pelajar, mahasiswa dan perwakilan OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak kalangan pelajar dan mahasiswa untuk dapat menggunakan internet dan media sosial secara bijak agar terhindar dari sangsi-sangsi hukum yang berlaku di indonesia dan terhindar dari dampak negatif internet.

“Semoga kedepan kita lebih bijak dalam menggunakan sosial media. Serta dapat bermanfaat dan jangan sampai Sosmed ini menjadi tidak baik bagi kita,” katanya.

Kedepan, lanjut kata dia, pihaknya akan melakukan program-program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Supaya masyarakat bisa paham bagaimana tara cara pelaporan atau pengaduan dengan baik.

“Dengan adanya sosisalisasi ini kita berharap masyarakat dapat memahami prosedur dalam melakukan pelaporan. Nanti kita lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun ke kampus-kampus. Serta akan membentuk duta-duta sosmed sehingga nantinya dapat membantu penyebaran informasi yang baik,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.