Beranda Berita Lakukan Audiensi ke Komisi II DPRD Sumsel, Pemuda OKU Timur Ingikan Jaminan...

Lakukan Audiensi ke Komisi II DPRD Sumsel, Pemuda OKU Timur Ingikan Jaminan Harga Komiditi Pertanian

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Perwakilan Pemuda OKU Timur bersama Serikat Tani Nasional Sumatera Selatan melakukan audiesi ke Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumsel. Audiensi tersebut diterima langsung oleh Azmi Sofik anggota Komisi II DPRD Propinsi Sumatera Selatan. Dalam Pertemuan membahas tentang persoalan-persoalan pertanian yang ada di Kabupaten OKU Timur yang berlangsung di Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan,  Rabu (6/11/2019).

Azmi Sofik anggota Komisi II DPRD Propinsi Sumatera Selatan mengatakan, dalam pertemuan tersebut menghasilkan beberapa point yang rencananya akan disampaikan langsung ke kementrian Pertanian. Dirinya juga menyampaikan bahwa akan segera menindaklanjuti usulan perwakilan para pemuda ini. Sehingga apa yang menjadi usulan tersebut dapat segera terwujud.

“Usulan yang bagus untuk pertanian baik di Sumsel  maupun untuk OKU Timur khususnya. Kami akan membawa usulan baik dari para pemuda OKU timur ini langsung ke pak Mentan agar bisa ditindaklanjuti dalam bentuk kebijakan,” kata politisi Partai Demokrat.

Anggota DPRD termuda dari dapil OKU Timur ini juga mengungkapkan, pentingnya Jaminan harga komoditi pertanian ketika panen. Hal ini perlu dipertimbangkan oleh pmerintah supya petani tidak khawatir jika nantinya akan merugi. “Jaminan harga komoditi pertanian harus dilakukan sehingga petani tidak was-was ketika panen harga anjlok,” ungkap Sofik.

Semetara itu, Ki Edi Susilo perwakilan pemuda tani dari Kabupaten OKU Timur yang saat ini juga menjadi pengurus Wilayah Serikat Tani Nasional Sumatera Selatan menyampaikan, bahwa pemberdayan pertanian dan meningkatkan kualitas SDM petani harus terus ditingkatkan di Bumi Sebiduk Sehaluan. Peningkatan kualitas SDM tersebut guna menambah wawasan para petani khususnya petani muda. Serta dapat menarik minat petani untuk mengembangkan pertanian modern.

“Dengan peningkatan kapasitas SDM petani muda di OKU timur maka sebagai salah satu sentra pertanian di Sumsel diharapkan mampu memiliki produk olahan pertanian yang bisa di ekspor sehingga meningkatkan kesejahteraan petani. Saya berharap pemerintah daerah dapat mendukung secara optimal sehingga pertanian di OKU Timur dapat menjadi peyokong kemajuan daerah,” terang Ki Edi.

Selanjutnya, Kukuh Prihandoko salah satu perwakilan pemuda OKU Timur mengatakan, bahwa sudah selayaknya Kabupaten OKU Timur memiliki perda-perda yang melindungi petani di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan. Seperti contoh tentang pelarangan pejualan gabah keluar daerah, adanya jaminan harga untuk komoditi pertanian serta jaminan modal.

“Karena dengan adanya perda yang mengatur tentang pertanian, para petani merasa terlindungi oleh pemerintah. Maka para petani khusunya petani muda tidak merasa takut,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.