Beranda Berita Bupati Inginkan OKU Timur Jadi Tuan Rumah Ketahanan Pangan di Sumsel

Bupati Inginkan OKU Timur Jadi Tuan Rumah Ketahanan Pangan di Sumsel

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang memiliki potensi besar di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Potensi tersebut menjadikan OKU Timur sebagai lumbung pangan dan ternak di bumi Sriwijaya ini.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat beraudensi dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Timur di ruang audensi Bupati, Kamis (7/11/2019) mengatakan, OKU Timur siap memenuhi kebutuhan pangan Di Sumatra Selatan bahkan di Pulau Sumatra.

Dalam audensi yang di hadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junadi, SP, MM, bupati juga meminta Dinas Ketahanan Pangan dapat berperan penuh dalam membantu masyarakat mengembangkan tanaman pangan.

“OKU Timur lahan pertaniannya cukup luas, manfaatkan lahan yang ada untuk menunjang ketahanan pangan Provinsi Sumatra Selatan bahkan Nasional,” katanya.

Dirinya berharap agar dalam pertanian dan peternakan memiliki inovasi, merubah polah tanam, mengembangkan tanaman serta  memggunakan tehknologi dalam menanam.

“Berkali kali saya tegaskan, bahkan kita berkomitmen bahwa pengembangan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan semuanya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu Bupati OKU Timur mencontohkan, Kabupaten Brebes merupakan penghasil bawang di Indonesia, tapi Kabupaten Brebes hanya bisa mencukupi 30% kebutuhan di indonesia. “Ini kesempatan kita sekarang mengambil peran itu, Saya ingin Kabupaten OKU Timur menjadi tuan rumah pada sektor pertanian khususnya bawang saya juga ingin Dinas Ketahanan Pangan memahami bercocok tanam bawang dan dapat memberi contoh yang bagus ke masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati OKU Timur juga mengatakan, majunya pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan di OKU Timur juga bisa berdampak lain seperti menjadi objek wisata agrikultur. “Bawang Ini merupakan peluang usaha, jadi harus kita ambil kesempatan ini, dampaknya bisa membuka lapangan kerja, bahkan objek wisaya dan rekreasi dimana masyarakat bisa memanen sendiri bawang merah,” lanjutnya.

Terkait banyaknya hama tikus yang menyerang pertanian masyarakat, Bupati minta Dinas Ketahanan pangan membuat gerakan gotong royong membasmi hama tikus.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junadi, SP, MM mengatakan siap melaksanakan program ketahanan pangan yang di jalankan oleh Pemerintah.

“Terkait budidaya bawang merah, Dinas Ketahanan Pangan siap menjadikan OKU Timur sebagai salah satu sentral bawang merah nasional, begitu juga dengan kebutuhan pangan lainnya,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.