Beranda Berita Pemkab OKU Timur Peringati Mualid dan Hari Wayang se-Dunia

Pemkab OKU Timur Peringati Mualid dan Hari Wayang se-Dunia

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad S.A.W, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur bekerjasama dengan Polres OKU Timur dan Ikatan Dalang Indonesia (IDI) mengadakan pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk. Kegiatan ini bertempat di Lapangan Kantor Camat Buay Madang Timur, Kamis (7/11/2019) malam.

Dalam pagelaran wayang kulit menghadirkan empat dalang sekaligus yaitu Ki Dalang Gunadi, Ki Dalang Jansen Tri Susanto, Ki Dalang Sumadi dan Ki Dalang Budi Cuk, serta menghadirkan juga bintang tamu Rabies, Wiski dan Tumpuk.

Wakil Bupati OKU Timur Feri Antoni yang hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, acara pagelaran wayang kulit ini dalam rangka memperingati muulid Nabi Muhammad S.A.W. Nabi Muhammad adalah pemimpin besar yang sangat besar memberi tauladan agung bagi umatnya.

“Ketauladanan Nabi Muhammad harus menjadi contoh bagi kita semua, hikmah dan pelajaran dari perjuangan Nabi Muhammad bagaikan mata air yang tidak pernah kering. Oleh karena itu sesunguhnya Maulid Nabi ini harus diartikulasi sebagai salah satu upaya tranformasi diri atas kesalehan umat islam,” kata Wabub.

Wakil bupati melanjutkan, masuknya peradaban Islam ke Tanah Air Indonesia tidak terlepas dari peran wali songo, agar ajaran islam bisa diterima oleh masyarakat. “Sunan kali jaga kala itu melakukan pendekatan budaya yaitu wayang kulit agar ajaran islam dapat di terima oleh masyarakat, kesenian wayang ini selaian untuk syiar islam juga sebagai salah satu alat untuk merajut tali persaudaraan,” lanjutnya.

Wakil Bupati juga mengatakan, pemerintah mengapresiasi pegelaran seni di OKU Timur, salah satu pagelaran wayang ini. “Pegelaran seni budaya adalah cara merajut persatuan dan kesatuan, oleh karena itu kedepan pagelaran wayang kulit akan kita usulkan menjadi even tahunan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga dirinya mengajak semua masyarakat OKU Timur untuk memperteguh keyakinan dan ke imanan untuk melanjutkan pembangunan. “Mari kita bangun OKU Timur dengan fondasi keimanan dan ke taqwaan, sebagai mana di contohkan Nabi Muhammad,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.