Beranda Berita Gubernur Sumsel Serahkan Langsung WTP untuk OKUT

Gubernur Sumsel Serahkan Langsung WTP untuk OKUT

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kabupaten OKU Timur kembali mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang diterima langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi bersamaan dengan menerima Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kabupaten OKU Timur tahun anggaran 2020, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, di hotel Whyndam Palembang.

Dengan diraihnya WTP tersebut menjadikan OKU Timur salah satu daerah dengan predikat WTP yang sudah diraih selama delapan kali berturut-turut. Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, dengan diperolehnya WTP ini membuktikan pengelolaan keuangan daerah sudah berjalan dengan baik.

“OKU Timur sudah delapan kali mendapatkan WTP, dulu WTP bagian dari prestasi tetapi Kini WTP menjadi kewajiban daerah dalam mengelola keuangan,” ujar Kholid.

Bupati juga mengatakan, terkait penerimaan DIPA 2020 ini diharapkan pemerintah akan segera menyusun langkah untuk percepatan kegiatan pembangunan di tahun 2020. “OKU Timur akan fokus ke pembangunan infrastruktur yang belum di selesaikan tahun 2019,” ungkapnya.

Terkait dengan DIPA untuk Provinsi Sumsel mendapatkan total DIPA 2020 sebesar Rp 45,32 triliun dan Rp 2,71 triliun diantaranya merupakan alokasi dana desa.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengingatkan pemerintah daerah agar pemanfaatan anggaran lebih ditekankan ke infrastruktur. Selain itu Gubernur juga mengingatkan untuk mengurangi perjalanan dinas yang dirasa kurang perlu.

“Infrastruktur yang dibangun bisa jembatan, bisa rumah sakit, jalan, bangunan sekolah, dan lainnya. Kepala Daerah juga harus inovatif jangan hanya menunggu saja, jika membutuhkan saya selaku Gubernur siap membantu pendanaan,” ujar Deru.

Ditjen Perbendaharaan Sumsel, Taukhid menyampaikan, dana tersebut terbagi dua, yakni untuk belanja satuan kerja kementerian negara dan lembaga Rp15,04 triliun dan belanja yang disalurkan sebagai dana transfer ke daerah Rp30,28 triliun. Sementara alokasi dana desa tahun 2020 di Sumsel sebesar Rp2,71 triliun. Jumlah ini lebih meningkat 1,07 persen dari alokasi APBN 2019 yang hanya Rp2,68 triliun.

“Secara keseluruhan, untuk dokumen DIPA yang akan diserahkan dan direalisasikan di wilayah Sumsel sebanyak 541 DIPA, yang mencakup nilai sebesar Rp 15,04 triliun yang akan dibayarkan di lima Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). KPPN Palembang adalah yang memiliki nilai terbesar dengan 295 DIPA  senilai Rp12,73 triliun,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.