Beranda Berita Wujudkan Indonesia Maju Dengan Peningkatan Kualitas SDM

Wujudkan Indonesia Maju Dengan Peningkatan Kualitas SDM

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Seperti biasanya usai apel pagi, Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid MD “Ngopi” Ngobrol Pagi di Kantor Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) OKU Timur. Pada kesempatan itu Bupati mengatakan untuk mewujudkan Indonesia yang maju dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas SDM, Selasa (19/11/2019).

Bupati Kholid mengatakan di hadapan Kepala dan staf BKPSDM, bahwa saat ini perlu adanya lompatan besar dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. “Lompatan besar yang di lakukan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi saat ini yaitu penghapusan eslonisasi, ini salah satu langkah untuk menyaring ASN yang berkulitas. Penghapusan eslonisasi bertujuan untuk menyaring skil atau kemampuan serta kecerdasan yang tinggi dalam bekerja sebagai ASN,” kata Kholid.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, seleksi kemampuan dan skil serta kecerdasan yang tinggi dimulai dengan dibukanya formasi CPNS dimana pelamar CPNS sudah memilih formasi dan ketika lulus mendapatkan jabatan fungsional sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Sejak tahun 2014 penerimaan CPNS sudah melalui sistem CAT atau Computer Asisten Tes, ini juga sebagai bentuk reformasi birokrasi agar kemampuan peserta CPNS terukur dan mendapatkan SDM yang berkualitas serta terhindar dari KKN,” jelasnya.

Setelah seleksi sistem CAT dan CPNS mendapatkan formasi jabatan fungsional, lanjut kata Bupati, mereka akan mendapatkan diklat atau pendidikan terkait formasi jabatan sehingga nantinya ASN benar benar berkualitas. “Undang undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajeman PNS sudah mengatur soal peningkatan kualitas PNS,” lanjutnya.

Bupati menjelaskan, saat ini jumlah PNS di OKU Timur mencapai kurang lebih 8000 pegawai, dan perlu di perhatikan kemampuannya. “Penjenjangan karir PNS sangat penting juga sesuai dengan aturan yang berlaku dan ke depan penjenjangan akan di berlaku dengan cara pengukuran kemampuan ASN, jika tidak benar benar siap maka ASN akan tersingkirkan,” jelasnya

Terakhir Bupati berpesan, agar ASN dan Calon ASN harus mempunyai kemampuan yang handal, carilah pendidikan yang benar benar di butuhkan. “Cobalah kita berpikir sama sama untuk mewujudkan Indonesia maju, caranya meningkatkan kulitas SDM dengan memperoleh pendidikan yang berkaulitas dan di butuhkah oleh daerah,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.