Beranda Berita KPUD OKUT Lakukan Sosialisasi Tahapan Pilkada

KPUD OKUT Lakukan Sosialisasi Tahapan Pilkada

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten OKU Timur tahun 2020. Sosialisai ini sudah masuk dalam tahapan yaitu sosialisasi. Sehingga nantinya dari hasil sosialosasi ini dapat diteruskan ke masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bina Praja II Setda OKU Timur, Rabu (20/11/2019). Sosialisasi ini dihadiri oleh Aparat Kepolisian, TNI, Camat dan perwakilan OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur.

Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya mengatakan, hal pertama yang harus kita sampaikan adalah pada tanggal 23 September 2020 merupakan hari pemilihan bupati dan wakil bupati. Penyampaian tersebut termasuk juga dalam tahap sosialisasi. Tahapan ini dimulai dari tahapan persiapan yakni pembahasan tentang penyusunan program dan anggaran, kedua penyusunan penyelenggara pemilihan. Ketiga perencanaan penyelenggara yang meliputi penetapan tata cara dan jadwal tahapan pelaksanaan. Pembentukan dan sosialisasi kepada masyarakat PPK, PPS dan KPPS.

“Selanjutnya penerimaan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) lalu sinkronisasi daftar pemilih pemilu atau pemilihan terakhir dengan DPTb dan DP4. Penyampaian hasil analisis dan hasil sinkronisasi kepada KPU dilanjutkan dengan pengumuman hasil analisis. Kemudian penyusunan daftar pemilih oleh KPU, setelah itu dilanjutkan dengan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT),”katanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk penyelenggaraan pertama dari pendaftaran atau pencalonan bagi calon yang diajukan oleh partai politik dan gabungan partai politik. Kedua penetapan pasangan calon yang dilanjutkan pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon.

“Kemudian laporan dan audit dana kampaye lalu dilanjutkan ke masa Kampaye untuk Paslon yang dilakukan kurang lebih tiga bulan. Selanjutnya untuk masa tenang dan pembersihan Alat Peraga Kampaye (APK) dilakukan selama dua hari. Sedangkan untuk pengadaan dan pendistribusian logistik dilakukan dalam rentan waktu tiga bulan. Untuk pemungutan suara dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020,” jelasnya.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur Jumadi SSos mengatakan, kata pilkada sudah tidak asing lagi bagi masyarakat OKU Timur, karena hampir setiap tahun diselenggarakan. Ada pilkada gubernur, pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan pemilihan kepala desa, sehingga masyarakat sudah terbiasa.

“Saat ini perlu dilakukan sosialisasi terkait tahapan pilkada agar masyarakat tahu tahapan-tahapan Pilkada. Salah satunya cara sosialisasi yaitu pemasangan beleho di tempet pelayanan umum. Sosialisasi harus di lakukan kepada masyarakat meskipun masyarakat terbiasa dengan pemilu, saya juga meminta kepada Camat, Lurah, Kepala SKP untuk juga ikut serta dalam mensosialisasikan tahapan pilkada,” katanya.

Dilanjutkan sekda, pendataan harus jelas, camat dan skpd terkait membantu KPU untuk mendata mata pilih jangan sampai ada masyarakat yang tidak terdaftar. Serta semua pihak juga harus berkerjasama untuk menyukseskan Pilkada OKU Timur 2020 meski dengan angaran yang terbatas. Untuk soal keamaman dirinya meyakini Pilkada akan terselengara dengan aman dan lancar.

“Sampai hari ini rekor dengan pastisipasi pemilih terbanyak dalam Pilkada dan Pemilu di Sumatra Selatan bahkan di Indonesia nomor dua setelah Jembrana Bali adalah Kabupaten OKU Timur, prestasi ini harus terus di pertahankan. Dari hasil pilkada dan pemilu, OKU Timur bukan daerah konflik, masyarakat OKU Timur sudah dewasa dalam berpolitik, dengan kedewasaan ini penyelengaraan Pilkada OKU Timur dan Pemilu berlangsung aman,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.