Beranda Berita Budidaya Jamur Tiram Menjanjikan

Budidaya Jamur Tiram Menjanjikan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Dosen STIPER Belitang mengajarkan budidaya jamur tiram kepada para mahasiswa dan mahasiswinya. Pasalnya budidaya jamur tiram cukup menjanjikan bagi masyarakat yang ingin menggeluti bisnis ini. Karena dalam setiap Baglog atau media tanam jamur, dapat menghasilkan 420 gram jamur diusia produktif sampai dengan usia 4 bulan.

Imam Mukhtasor SP MSi salah satu dosen STIPER Belitang mengatakan, memang di kampus ini diajarkan bagaimana cara mahasiswa  dan mahasiswi bisa menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari pekerjaan, salah satunya dengan memberikan pembelajaran bagaimana cara membudidaya jamur tiram. Dimana jamur tiram saat ini lumayan banyak peminatnya.

“Dimana saat ini harga jamur tiram saat ini di kisaran Rp15 ribu perkilogramnya di tingkat petani jamur, meski dalam budidaya jamur ini membutuhkan perawatan. Karena harus rutin menyiram media tanam jamur agar tetap basah,” jelasnya.

Sementara itu, Sumarlin salah satu pembudidaya jamur tiram yang juga merupakan Mahasiswa STIPER Belitang, menurutnya untuk tiap 1.000 baglog akan di peroleh hasil panen rata-rata sekitar 15 kg jamur tiram setiap hari. Dari baglog yang telah di inkubasi spora jamur, terhitung mulai 0 hari sampai masa panen jamur mulai dapat di petik sekitar dua minggu ke depan.

“Jamur akan terus berproduksi sampai dua bulan bahkan lebih dengan rata produktivitas per hari sekitar 15 kg asal dibudidayakan secara optimal,” ujarnya.

Bila dirata-rata, sekali panen untuk 1.000 baglog sehari dengan produktivitas 15 kg, dihitung dengan nilai jual standar dipasaran Rp15 rib perkilogramnya, maka diperoleh hasil kotor (belum di potong modal serta biaya perawatan jamur sampai panen) berkisar Rp225.000 per hari.

“Budidaya jamur tiram menjadi menguntungkan sebab bahan baku untuk media tanam jamur di OKU Timur cukup murah dan melimpah. Yakni serbuk gergaji dan sebelum dimasukkan baglog, serbuk gergaji itu mesti disterilkan dengan penguapan agar spora jamur yang lain mati. Sebelum dimasukkan bibit spora jamur tiram,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.