Beranda Berita Pemkab OKU Timur Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Ikan Patin

Pemkab OKU Timur Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Ikan Patin

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Selain potensi di bidang pertanian Kabupaten OKU Timur juga memiliki potensi di bidang Perikanan. Untuk itulah Bupati OKU Timur berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat dengan potensi yang ada sehingga masyarakat sejahtera. Hal ini terlihat saat tasyakuran dan uji coba peralatan Exsavator berserta mobil Thermo King di Koperasi Sinar Baru Mina Sari. Dimana bantuan diperoleh pemerintah pusat atau Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu bupati juga meninjau panen ikan patin dan melihat langsung proses ikan fillet dan ikan asap (sale) yang akan di kirim ke luar OKU Timur. Diharapkan dengan adanya bantuan di bidang perikanan ini dapat terus meningkatkan produksi ikan di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutanya mengatakan, jadi dengan adanya bantuan Exsavator ini diharapkan bagi para pemula pembudidaya ikan dapat mengunakan alat ini, untuk membuat kolam ikan. Kholid juga meminta kepada pemuda generasi penerus yang ada di OKU Timur bisa mencontoh bapak Erwanto ini, dalam mengembangkan budidaya ikan patin dengan berbagai inovasi olahan.

“Kita juga sudah melakukan kunjungan ke Tulung Agung karena mampu menyuplai ikan hingga ke Surabaya, maka di OKU Timur harus bisa mencontoh Tulung Agung dalam memproduksi Ikan Patin, paling tidak di OKU Timur dalam setiap hari menghasilkan satu sampai dua ton ikan,” katanya, Selasa (26/11/2019).

Karena ternyata ikan patin ini, lanjut kata Kholid, dapat dibuat berbagai olahan makanan, seperti bakso, sosis dan olahan makanan lainnya, dengan rasa yang enak. Kemudian pemerintah daerah berharap sektor perikanan ini tidak hanya di hasilkan dari daerah Belitang, kalau bisa lebih dikembangkan lagi.

“Jadi kita berharap di wilayah Martapura dan pesisir komering bisa digarap potensi untuk budidaya ikan patin ini. Jadi kepada Dinas Perikanan dan Peternakan silahkan melakukan inovasi di wilayah yang memang cocok sebagai budidaya ikan patin, guna mendongkrak peningkatan produksi patin di Bumi Sebiduk Sehaluan ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, potensi perikanan air tawar sungguh menjanjikan  untuk di OKU Timur sendiri budidaya ikan patin sangat berpeluang. Sedangkan lama panen kurang lebih 8 bulan, dengan dibantunya permodalan oleh perbankan masalah permodalan sudah bisa di atasi.

“Kami sudah meminta pihak perbankan untuk membantu modal melalui KUR,  Kredit Usaha Rakyat, untuk kelompok tani inI pinjaman modal diberikan melalui Bank Syariah Mandiri dan pembayaran nya setelah panen,” kata Bupati

Sementara itu, Kanjeng Tubagus Sunarseno selaku Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan mengatakan, dirinya berharap dengan adanya bantuan ini kelompok pembudidaya daya ikan bisa memanfaatkannya. Kemudian pada tahun 2020 telah diusulkan pembangunan pabrik pengolahan ikan patin menjadi fillet sebagai komoditas ekspor dan pabrik pembuatan pakan ikan yang akan diupayakan di Kabupaten Oku Timur, dengan demikian mohon doa semua masyarakat OKU Timur.

“Semoga pembangunan perikanan semakin maju dan memberi nilai tambah bagi pembudidaya ikan serta masyarakat pada umumnya,” terangnya.

Kemudian Kanjeng Tubagus juga menjelaskan dalam beberapa hari ke depan juga akan diserahkan bantuan dari pemerintah pusat  kepada kelompok pembudidaya ikan (pokdakan).

“Diamana bantuan sendiri berupa budidaya ikan sistem Mina padi 42,25 hektar, budidaya ikan lele sistem bioflok, 2 paket (20 flok), Larva patin 2 juta ekor terhadap unit pembenihan rakyat. Ikan mas sebanyak 100 ribu ekor untuk pokdakan,  bantuan ikan lokal nilem atauperlawat  200 ribu ekor untuk perairan umum dan satu unit mesin pelet bagi pokdakan,” jelasnya.

Erwanto salah satu pelopor pembudidaya ikan patin dan perwakilan penerima bantuan Mobil serta Exavator mengatakan, dirinya banyak terima kasih kepada pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Dinas Perikanan karena telah memberikan bantuan mobil dan Exsavator serta bibit ikan patin.

“Jadi dengan adanya bantuan Exsavator ini kita dapat memperluas kolam ikan patin khusunya di koperasi Sinar Baru Mina Sari dan umumnya Kabupaten OKU Timur yang memang membutuhkan alat ini,” terangnya.

Kemudian di koperasi ini juga, pihaknya selain mengirimkan ikan fillet juga akan mengirimkan sale atau ikan asap ke Surabaya. “Jadi kita terus berinovasi dalam pengiriman ikan patin ini, selain kita kirim ikan patin yang sudah di buang darah, kita juga akan kirim ikan patin yang sale ke Surabaya,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.