Beranda Berita Kades Harus Lebih Inovatif Dalam Menggunakan Anggaran

Kades Harus Lebih Inovatif Dalam Menggunakan Anggaran

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kepala Desa (Kades) bersama aparatur desa harus lebih inovatif dan benar-benar menggunakan anggaran yang dikucurkan pemerintah. Jangan sampai ada penyelewengan maupun penyalahgunaan anggaran. Demikian diungkapkan Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni SE saat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Aparatur Desa serta study banding lapangan 2019, di Bandung.

Bimtek peningkatan kapasitas Aparatur Desa serta study banding lapangan 2019 diikuti oleh Kepala Desa dan Badan Musyawarah Desa (BPD) serta staf yang berkompeten di bidangnya se OKU Timur.

“Kegiatan yang berlangsung pada Selasa 25 hingga Jumat 29 November 2019 ini menjadi sesuatu yang bermanfaat, demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sudah selalu diingatkan agar Kades dalam menggunakan anggaran harus sesuai dengan ketentuan dam peruntukan. Karena itu harus dilakukan perencanaan dan penyusunan program harus terlebih dahulu dimusyawarahkan. Karena tanpa musyawarah dikhawatirkan program pembangunan yang dilakukan tidak sesuai kebutuhan masyarakat.

“Saya ingatkan harus dilakukan musyawarah sebelum dilakukan pembangunan, saya akan turun ke lapangan untuk mengawasi dan memeriksa pembangunan di desa,” terangnya.

Sementara itu, Rusman Kepala Dinas PMD OKU Timur mengatakan, kepala desa sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa, harus memiliki kemampuan dalam memanejemen pemerintahannya. Kemudian dalam menjalankan amanahnya tersebut, kepala desa harus selalu mengacu kepada aturan yang berlaku. Sehingga pemerintahan desa yang dijalankannya tidak melanggar aturan dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya mengharapkan kepala desa yang ada di Kabupaten OKU Timur sukses dalam memimpin desanya, dan dapat mempertanggungjawabkannya,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Rusman juga meminta kepada kepala desa yang hadir untuk dapat mengikuti bimtek ini, dan memaknainya sebagai upaya dalam meningkatkan wawasan dan kapasitasnya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang efesien dan efektif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.