Beranda OKU TIMUR Petani Milenial ikuti Bimtek

Petani Milenial ikuti Bimtek

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Sebanyak 60 petani milenial mengikuti Bimbingan Teknis petani milenial. Dimana perserta Bimtek sendiri merupakan para petani muda yang ada di OKU Timur, dengan menghadirkan pemateri yang memang paham di bidang pertanian modern. Bimtek ini diadakan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Belitang bekerja sama dengan SMK PP Negeri Sembawa dan Dinas Pertanian OKU Timur.

Ketua Yayasan Arwitha Belitang H.Sugeng Supriyanto, SP., MM dalam sambutanya mengatakan, Kabupaten OKU Timur merupakan kabupaten penghasil beras, sebagai salah satu kabupaten lumbung pangan di Sumatera Selatan, dengan potensi  pertanian  yang sedemikian besar, ternyata sedikit sekali pemuda yang peduli terhadap kemajuan di bidang pertanian.

“Saya mengapresiasi  para peserta Bimtek Petani Milenial yang hadir saat ini, tentu yang hadiri ini adalah bentuk kepedulian kalian terhadap pertanian. Sebagai pemuda yang peduli akan peningkatan ekonomi dibidang pertanian, kita harus siap menjawab tantangan kemajuan global khususnya di bidang pertanian yang semakin  komoditif di dunia ini. Saya yakin bersama para pemuda untuk memajukan pertanian, maka bangsa akan berjaya,” katanya.

Menurutnya inti dari kegiatan Bimtek Petani Milenial ini merupakan salah satu sebagai upaya minat kewirausahaan petani muda supaya tertarik kepada sektor pertanian.

“Petani milenial diharapkan menjawab tantangan kedepan, bahwa pertanian yang di kelola secara agro bisnis bisa menjadi tumpuan keluarga,” terangnya.

Kemudian minat tenaga kerja di bidang pertanian di OKU Timur ini masih relatif didominasi pada usia tua, maka diharapkan percepatan regenerasi perlu dilakukan, karena untuk menjadi tumpuan penyedian pangan di masa depan.

“Karena pertanian modern tidak terlepas dari teknologi yang saat ini sudah mencapai teknologi 4.0. (Semua serba mesin atau mesin modern),” paparnya.

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutanya mengatakan, generasi muda atau yang saat ini bisa disebut pemuda milenial mejadi penentu kemajuan pertanian di masa depan. Karena estafet pertanian terletak pada pundak generasi muda.

“Dimana pemuda yang mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian modern, agar di Bumi Sebiduk Sehaluan hasil pertaniannya terus mengalami peningkatan,” terangnya.

Kemudian sebagai tindak lanjut DARI arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian bahwa pada tahun 2019 ini pemerintah memfokuskan pada pengembangan sumber daya manusia. Karena itu, ke depan akan lebih tingkatkan lagi untuk menciptakan Sumber Daya Manusia profesional melalui pendidikan dan pelatihan di sektor pertanian.

“Kemudian kemajuan teknologi dan era pertanian yang serba modern kita di tuntut untuk fokus pada penyiapan, dari mulai SDM dan didukung oleh peralatan yang modern, agar pertanian di OKU Timur terus mengalami peningkatan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.