Beranda Berita Hadapi Musim Hujan, Polres OKUT dan Stakeholder Lakukan Apel Kesiapsiagaan Penagulangan Bencana

Hadapi Musim Hujan, Polres OKUT dan Stakeholder Lakukan Apel Kesiapsiagaan Penagulangan Bencana

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan meningkat terjadi pada bulan Januari sampai Maret 2020 di beberapa wilayah di indonesia khususnya Kabupaten OKU Timur makaperlu penanganan segera dari TNI dan Polri beserta stakeholder agar dapat bersinergi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk melaksanakan kesiapsiagaan penanggulanagn bencana alam. Menyikapi hal tersebut Polres OKU Timur menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam tahun 2020 di halaman Polres OKU Timur, Jumat (3/1/2020).

Dalam apel tersebut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIK mengatakan,  pelaksanaan apel ini juga mengandung maksud dan tujuan adalah dalam rangka menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam menanggulangi bencana alam yang bisa saja terjadikapan pun dan dimanapun meliputi banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya.

“Oleh karena itu, polres oku timur dibantu stake holder harus mampu memberdayakan kekuatan personil sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan bencana alam di wilayah kab. oku timur,” katanya.

Perlu kita cermati, lanjut kata dia, bahwa pada penanggulangan bencana alam ini diperlukannya pemikiran yang matang sehingga polres beserta instansi terkait dapat menentukan langkah-langkah cepat. Berdasarkan  hasil mapping daerah rawan bencana alam di wilayah Kabupaten OKU Timur tahun 2020 terdapat beberapa desa yang rawan bencana alam. Adapun diantaranya daerah rawan banjir Desa Margorejo, Desa Taman Harjo, Desa Sriwangi Ulu, Desa Cahaya Negeri, Desa Mengulak, Desa Rasuan, Desa Tanjung Aman, Desa Harisan Jaya, Desa Betung dan Desa Muncak Kabau. Daerah rawan tanah longsor Desa Negeri Ratu, Desa Mendah dan Desa Negeri Pakuan. Daerah rawan puting beliung Desa Tulang Bawang.

“Untuk itulah pada hari ini polres beserta instansi terkait melaksankan apel kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana alam di wilayah hukum polres oku timur,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan dalam menghadapi musim penghujan saat ini yang rawan bencana alam polres oku timur beserta instansi terkait menyiapkan perlengkapan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam diwilayah hukum polres oku timur meliputi tabung pemadam air ringan sebanyak 5 buah, perahu karet 2 unit, jas hujan 48 buah, toa 5 buah, chainshaw (mesin pemotong kayu) 2 unit, police line 5 buah, pelampung dan helm 10 buah, kantong jenazah 16 buah, tandu 1 buah, gas oksigen 1 buah, tenda pleton 6 unit, valbed 10 buah, mobil dapur umum 1 unit, stok beras dan sembako tersedia. untuk pos terpadu berada di kantor BPBD Kabupaten OKU Timur.

“Langkah cepat yang kita ambil ini semoga menjadikan ladang amal dan keikhlasan kita dalam pelaksanaan tugas. Peran serta Polri juga tidak terlepas dari sinergitas yang telah kita bangun bersama selama ini dalam komitmen keamanan dan keterbitan masyarakat serta kebhinekaan. Dimana kebersamaan menjadi hal yang mutlak dalam menyelesaikan permasalahan. Polri wajib menjalankan ini sesuai dengan tanggung jawab dan komitmen sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyakarakat yang siap tidak siap harus segera turun ke lapangan dalam harkamtibmas,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.