Beranda Berita 19.281 Penduduk Wajib KTP Belum Melakukan Perekaman

19.281 Penduduk Wajib KTP Belum Melakukan Perekaman

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Dari 460 ribu masyarakat OKU Timur yang wajib KTP, saat ini masih terdapat 19.281 penduduk wajib KTP belum melakukan perekaman. Sedangkan berdasarkan jumlah penduduk wajib KTP dibawah satu juta, hanya mendapatkan sebanyak 500 blanko per bulan. Tidak sebanding dengan kebutuhan yang ada.

“Yang belum punya e-KTP, selama ini diatasi dengan suket (surat keterangan), agar masyarakat tidak terhambat dalam hal administrasi kependudukan dan pelayanan lainnya,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU Timur, Sutikman saat ditemui dikantor.

Dikatakan, untuk memangkas angka 19.281 masyarakat yang belum melakukan rekam tersebut pihaknya telah melakukan bermacam cara. Diantarnya melakukan pendataan di desa-desa per kecamatan, melakukan perekaman keliling. “Untuk mengurangi data tersebut kami akan terus berupaya melakukan sebaik mungkin,” jelasnya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, permasalahan keterlambatan pembuatan e-KTP juga dirasakan di Kabupaten OKU Timur. Karena untuk saat ini terdata sekitar 7500 orang penduduk OKU Timur yang sudah melakukan perekaman e-KTP dan siap cetak, namun terhambat belum dikirimnya blanko e-KTP oleh pusat.

“Jumlah tersebut belum ditambah dengan penduduk yang berubah data atau pergantian yang mencapai 6000 orang, seperti pindah alamat dan lainnya. Kebutuhan blanko e-KTP hingga hari ini di Kabupaten OKU Timur totalnya mencapai 13.500 blanko. Sekarang sedang proses pengadaan di pusat. Diperkirakan akhir Januari atau awal Februari sudah ada”, jelasnya.

Sementara, Anto (25), salah seorang warga Belitang OKU Timur yang sedang mengurus e-KTP mengatakan sudah melakukan perekaman, namun e-KTP miliknya belum kunjung selesai.

“Kalau kata mereka (petugas) blanko belum ada dan masih menunggu kiriman pusat. Surat keterangan saya tinggal dua bulan lagi habis. Sudah juga mas kalau jumlah blankonya sedikit dan tidak sebanding dengan jumlah yang harus dicetak. Jadi masih harus bolak-balik ke sini buat urus e-KTP,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.