Beranda Berita Enos Prioritaskan Kesejahteraan Warga OKU Timur

Enos Prioritaskan Kesejahteraan Warga OKU Timur

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Niat yang tulus dan ikhlas Bakal Calon Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur periode 2021-2025  H. Lanosin Hamzah, ST untuk ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan nampaknya tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah terobosan akan dijalankan pria  kelahiran Belitang 31 Mei 1978  ini. Salah satunya  dengan meningkatkan pendapatan warga  melalui sektor pertanian.  Hal ini tidaklah mustahil mengingat  OKU Timur merupakan lumbung pangan yang diperhitungan di Sumatera Selatan.

Ketika dibincangi di Belitang H. Lanosin atau yang kerap di sapa Enos ini menyebutkan, dalam hal urusan pertanian yang tidak kalah penting adalah ketersedian pupuk  yang mencukupi. Namun  yang kerap  kali pupuk menjadi  keluhkan bagi petani.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, dirinya sudah menyiapkan strategi jitu yakni dengan mendirikan pabrik  pengolahan pupuk organik dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar masyarakat. Sehingga ketergantungan petani pada pupuk kimia dapat ditekan.

“Untuk mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia, kita akan upayakan  pemanfaatan pupuk organik yang diproduksi sendiri oleh petani dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar,” katanya.

Selain masalah pupuk Enos juga menitik beratkan pada  pemberian bantuan alsintan atau alat mesin pertanian yang digunakan masyarakat dalam proses produksi pangan.

Alsintan yang digunakan imbuhnya, haruslah yang modern sehingga mekanisasi pengolahan lahan, panen, dan pascapanen dapat dilakukan dengan cepat. Untuk itu dia menginginkan nantinya ada  data yang akurat terkait dengan jumlah kelompok tani yang ada di OKU Timur.

“Alsintan akan kita berikan dengan merata dan adil. Tidak boleh dikuasai oleh perorangan  atau kelompok tertentu saja. Melainkan harus dimanfaatkan dengan bijak  oleh petani yang membutuhkan,” tambahnya.

Sedangkan untuk sektor perikanan, Enos telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat selain menjual ikan segar dapat juga  diproduksi dalam bentuk ikan olahan seperti dalam bentuk fillet dan aneka jenis olahan  lainnya.

“Untuk menekan biaya produksi khususnya urusan pakan ikan ini. Nanti kita juga akan upayakan petani ikan dapat membuat sendiri pakan ikan kebetulan  bahan baku pakannya melimpah di OKU Timur,” tambahnya.

Disamping itu Enos berencana akan pembentukan BUMD khusus untuk sektor peternakan yang akan menopang program Swasembada Daging yang pengelolaanya terintegrasi dengan aparat Kepolisian. Sehingga OKU Timur Swasembada daging akan tercapai dengan baik.

“Kita akan terus ciptakan OKU Timur Aman, sehingga akifitas ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan normal. Pemberintahan mendatang kita upayakan dapat membawa  kemaslahatan bagi seluruh masyarakat OKU Timur, sehinga OKU Timur baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur benar-benar dirasakan  masyarakat,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.