Beranda Berita Bupati Ajak Masyarakat Daftar Sensus Penduduk Online

Bupati Ajak Masyarakat Daftar Sensus Penduduk Online

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD menghimbau kepada masyarakat OKU Timur untuk dapat bersama-sama mendaftarkan dirinya baik secara online dan juga baik yang belum sempat secara online dapat dilakukan sensus penduduk secara wawancara. Hal ini disampaikan seusai apel siaga sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan di halaman Pemda OKU Timur, Senin (17/2/2020).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD menyampaikan, mulai tanggal 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020, kita telah melakukan tahap yang paling penting yaitu sensus penduduk 2020, yang diawali dengan sensus penduduk online dan dilanjutkan dengan sensus penduduk wawancara (1 – 31 Juli 2020). Sensus penduduk menjadi bentuk pengabdian untuk menghasilkan data kependudukan yang valid dan akurat yang tentunya akan sangat diperlukan dalam penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan di berbagai bidang.

“Apel siaga sensus penduduk 2020 ini merupakan momentum yang penting bagi kita untuk bersama-sama meluruskan niat  dan menyatukan derap langkah untuk menyuseskan sensus penduduk 2020. Kita harus optimis bahwa dengan persiapan yang begitu matang, kita akan mampu melaksanakan SP 2020 sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Serta dapat mengatasi permasalahan yang mungkin muncul di lapangan dan mencapai target yang telah ditentukan,” katanya.

Sensus penduduk 2020 ini, lanjut kata dia, merupakan hajat bersama maka dirinya berharap agar semua pihak dapat berperan aktif  menyukseskan sensus penduduk 2020. Serta dapat meningkatkan kepedulian terhadap sensus penduduk online.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas semangat dan antusiasme yang saudara-saudara tunjukan selama tahapan persiapan hingga sampai pelaksanaa saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPS OKU Timur Mukti Riadi saat diwawancarai dirinya berharap partisipasi langsung dari masyarakat untuk mengupdate data pribadinya secara mandiri. Karena tau persis sehingga diharapkan kejujuran tentang datanya sendiri maka data dari masyarakat akan teregistrasi dalam dokumen negara.

“Dengan sensus penduduk ini kita ingin tau jumlah penduduk yang sesungguhnya, bagaimana komposisinya jumlah laki-laki dan perempuan serta jumlah usia produktif. Dengan demikian pemerintah dapat melalukan pemetaan yang baik dalam merencanakan maupun melaksanakan pembangunan. Karena pembangunan dari penduduk oleh penduduk untuk penduduk,” ujarnya.

Saat ditanya tentang tara cara dirinya menjelaskan, pertama masuk ke laman www.sensus.bps.go.id menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Kedua mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP. Ketiga mengisi nomor Kartu Keluarga (KK). Keempat membuat Password dan memilih pertanyaan pengaman untuk menjaga keamanan data. Kelima layar daftar pertanyaan akan muncul, lalu isi daftar pertanyaan sesuai dengan kondisi saat ini. Keenam contoh pertanyaan meliputi alamat, daya listrik, jenis air minum yang digunakan, dan data anggota keluarga lainnya. Ketujuh setelah selesai mengisi daftar pertanyaan, klik kirim. Selanjutnya klik unduh bukti pengisian. 

“Walaupun sensus penduduk bisa melalui metode online, BPS juga akan tetap menggunakan metode sensus wawancara yang akan dilaksanakan pada Juli 2020,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.