Beranda HUKUM DAN KRIMINAL Oknum Koordinator Kades Sekaligus Koordinator Perampok Dirungkus Polisi

Oknum Koordinator Kades Sekaligus Koordinator Perampok Dirungkus Polisi

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Jajaran Sat Reskrim Polres OKU Timur yang dibackup Tim Jatanras Polda Sumsel berhasil menangkap oknum Kades Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur yang sering melakukan berbagai aksi kriminalitas di Kabupaten OKU Timur, OKI dan daerah lainnya. Kades Elwani yang telah memiliki berbagai catatan kriminal di kepolisian ini ditangkap pada Minggu (16/2/2020) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB di rumahnya.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH Sik didampingi Wakapolres OKUT Kompol Erwin S Manik dan Kasat Reskrim OKUT M Ikang Ade Putra mengatakan, Selasa (18/2/2020), selain Kades Elwani, pihaknya juga berhasil mengamankan tiga pelaku lain di lokasi yang berbeda. Sejumlah kasus perampokan yang pernah terjadi di kabupaten OKU Timur ini otaknya ialah Oknum kades tersebut. Salah satunya kasus perampokan terhadap H Bustan seorang toke kopi pada tahun 2016 lalu, Elwani dan rekan-rekannya merupakan pelaku utama dibalik perampokan tersebut.

“Selain Kades Elwani yang merupakan koordinator Kades dan koordinator perampok, kita juga mengamankan  sepupunya Agep di Bekasi, disusul kemudian rekannya Makmun, di bukit gerbu Desa Rambang Nia Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan. Dalam aksi perampokan ini yang menjadi otaknya ialah Elwani itu sendiri,” kata Kapolres.

Dari keterangan pihak kepolisian, diketahui oknum Kades bernama Elwani ini ternyata terlibat di sejumlah kasus perampokan dan pembunuhan. Tidak hanya di OKU Timur saja, para perampok komplotan Elwani yang terkenal sadis ini juga melakukan aksinya di sejumlah Kabupaten/Kota lain di Sumatera Selatan.

“Diantaranya tahun 2016 mereka beraksi di Tanjung Kukuh, dimana sebagian pelakunya sudah tertangkap duluan. Kemudian kawanan ini juga merampok  toke kopi H Bustan dengan kerugian Rp 450 juta berupa uang dan emas,” terang Kapolres.

Pada kasus perampokan di Desa Tanjung Kukuh ini, lanjut kata Kapolres, beberapa pelaku sudah ditangkap di tahun 2018, namun saat itu beberapa pelaku yang ditangkap belum diketahui adanya keterlibatan kasus perampokan pada tahun 2016 lalu. Beberapa rangkaian kejahatan perampokan yang terjadi di wilayah hukum polres OKU Timur juga muaranya ialah oknum kades Elwani ini, oknum kades ini merupakan biang kerok sebab ia memiliki tiga orang adik laki-laki yang sudah malang melintang melakukan perampokan.

“Selain itu, Kades Elwani ini juga memiliki tiga orang adik yang juga terkenal sadis. Dimana saat beraksi sering membunuh korban jika melawan. Disamping itu selain mengamankan Kades Elwani beserta beberapa komplotannya, kita juga mengamankan beberapa buku rekening tabungan serta 1 unit mobil Fortuner warna putih yang sering digunakan pelaku untuk menjual hasil rampokannya,” pungkasnya.

Saat ditanya apakah hasil rampokan digunakan dalam pencalonan Pemilihan Kades Elwani, dirinya mengatakan bahwa ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga masih belum diketahui apakah hasil rampokan tersebut digunakan untuk pencalonan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.